5 Wisata Terkenal di Tanjung Balai Karimun

Medianesia.id – Kabupaten Karimun merupakan salah satu dari tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Riau. Kota yang memiliki luas wilayah  ini memiliki destinasi pariwisata yang cukup banyak.

Kota Tanjung Balai Karimun kerap menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa destinasi wisata yang selama ini kerap menjadi daerah tujuan para wisatawan di Kabupaten Karimun adalah sebagai berikut:

  1. Pantai Pelawan
Pantai Pelawan, Foto: Instagram @tamaraoctariva

Salah satu destinasi wisata di Tanjung Balai Karimun adalah Pantai Pelawan. Pantai ini menghadirkan pemandangan yang indah sekaligus menenangkan. Pantai ini sangat cocok jika kita ingin melihat sunset secara jelas.

Hamparan pasir putih bersih dan laut biru yang jernih menjadi pesona tersendiri dari Pantai yang berada di Desa Pangke Barat, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

2. Gunung Jantan

Kabupaten Karimun tidak hanya kaya akan pesisir pantai yang eksotis, namun memiliki juga alam beragam, salah satunya yaitu Gunung Jantan.

Gunung Jantan berada di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, dengan ketinggian 439 Mdpl. Gunung Jantan ini menjadi hutan lindung yang merupakan kebanggaan masyarakat Karimun.

Gunung ini memiliki tracking yang cukup menantang, sehingga tidak heran jika Gunung ini ramai dikunjungi para pendaki dan pecinta alam.

Sepanjang rute tracking pendakian kita akan disuguhkan dengan pemanda ngan alam hijau yang asri.

Untuk mencapai puncak Gunung Jantan, pendaki membutuhkan waktu selama 80-90 menit perjalanan. Sesampainya di puncak gunung, akan disuguhkan dengan keindahan Pulau Karimun yang sangat mempesona.

Anda dapat menempuh perjalanan sejauh 15km dari kota Tanjung Balai Karimun dengan menggunakan kendaraan pribadi.

3. Masjid Agung Karimun

Masjid Agung Karimun, Foto: TribunBatam