Listrik PLN Telah Menjangkau 334 Pulau Berpenghuni di Kepri

Medianesia.id, Tanjungpinang – Listrik PLN telah menjangkau 334 pulau berpenghuni wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Sedangkan, total pulau berpenghuni di wilayah tersebut berjumlah 394 pulau.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepri, Muhammad Darwin, hingga saat ini pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah untuk 50 sisa pulau berpenghuni yang belum menikmati listrik PLN.

“50 pulau yang belum belistrik ini tersebar di 4 kabupaten/kota di Kepri, yaitu Kabupaten Anambas, Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, dan Kota Batam,” ungkapnya, kemarin.

Meskipun belum tersambung dengan listrik PLN, beberapa pulau tersebut kemungkinan sudah memiliki penerangan listrik swadaya masyarakat atau tidak ada campur tanganp pemerintah.

Oleh karena itu, Pemprov Kepri menargetkan seluruh pulau berpenghuni di wilayahnya dapat segera menikmati listrik. Dengan beberapa upaya seperti, pengadaan mesin genset, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), hingga pemasangan solar panel surya

Sebagai contoh, di Batam, terdapat tiga pulau yang akan diintervensi dengan solar panel surya pada tahun ini. Lalu, di Anambas, dua pulau yang tersisa akan diintervensi dengan PLTS karena jumlah penduduknya yang relatif sedikit, antara 5 hingga 17 kepala keluarga (KK) per pulau.