oleh

Kemenag Perluas Peran KUA, Layani Pernikahan Semua Agama

Medianesia.id, Jakarta-Peran Kantor Urusan Agama atau KUA dibawah Kementerian Agama atau Kemenag akan diperluas untuk layanan lintas agama. 

“KUA akan bertransformasi sebagai tempat pelayanan pencatatan nikah bagi semua agama,” ujar Menag, Yaqut Cholil Qoumas dikutip dari Antara News, Minggu (25/2/2024)

Menurutnya, semua pihak terkait sudah sepakat sejak awal, bahwa KUA ini akan dijadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. 

“KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama,” tegasnya. 

Lebih lanjut katanya, dengan mengembangkan fungsi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan agama selain Islam, diharapkan data-data pernikahan dan perceraian bisa lebih terintegrasi dengan baik.

“Sekarang ini jika kita melihat saudara-saudari kita yang non-Muslim, mereka ini mencatat pernikahannya di pencatatan sipil. Padahal, itu seharusnya menjadi urusan Kementerian Agama,” katanya.

Menag juga berharap aula-aula yang ada di KUA dapat dipersilakan untuk menjadi tempat ibadah sementara bagi umat non-Muslim yang masih kesulitan mendirikan rumah ibadah sendiri karena faktor ekonomi, sosial, dan lain-lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *