BUMN Buka Peluang bagi Diaspora Indonesia Berkarya di Tanah Air

Medianesia.id, Batam – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka peluang bagi diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk berkarya di tanah air melalui program Bakti Diaspora untuk Indonesia.

Program ini melengkapi program rekrutmen BUMN yang sedang berjalan, yakni Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024.

Siapa yang bisa mendaftar dalam program ini, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini bekerja sebagai profesional di luar negeri.

Selanjutnya WNI yang pernah menempuh pendidikan formal (sarjana, master, atau doktoral) di luar negeri.

Lebih dari 135 lowongan di 12 BUMN ternama, termasuk Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney), Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (IFG), dan Mineral Industri Indonesia (MIND ID) membuka lowongan kerja.

Job function yang dibutuhkan antara lain Investor Relations, IT Security, Nano Technology, Sustainability Specialist, Data Scientist, dan International Trading.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website magentaku.id/diaspora. Magenta (magentaku.id) adalah platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Saat ini sudah ada 500.000 peserta yang mendaftar di platform Magenta. Lebih dari 11.000 peserta sedang dan telah menyelesaikan magang di BUMN.

Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia untuk membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi diaspora.

Program ini diawali dengan kegiatan Virtual Enhancement Week, yaitu talk show terkait BUMN dan peluang berkarir di BUMN bagi para diaspora.

Ada juga program Research for Post-Doctoral Students untuk para lulusan program doktoral dari luar negeri yang ingin meningkatkan kapasitas riset di Grup BUMN.(*/Brp)

Editor: Brp