Xiaomi Luncurkan MIUI 12.5, Berikut Daftar Ponsel yang Kebagian

Medianesia.id – Xiaomi baru saja meluncurkam MIUI 12.5. MIUI 12.5 berfokus pada peningkatan performa dan UI yang lebih sedikit mengonsumsi daya dan CPU.

Dilansir dari Gizmochina (9/2), Xiaomi mengatakan MIUI 12.5 (berbasis Android 11) lebih fokus pada pengoptimalan sistem. Mereka menyebut, keseluruhan inti memori akan berkurang 20%. Ini berarti UI yang dioptimalkan akan menghabiskan 22% lebih sedikit penggunaan CPU dan tingkat konsumsi daya akan turun 15% dari sebelumnya. 

Sayangnya, dalam acara peluncuran perusahaan tidak menyebutkan banyak fitur yang diperbarui, seperi MIUI+, Sounds & Haptics, fitur privasi, dan Super Wallpapers. Ini mungkin dikarenakan sejak awal, MIUI 12.5 memang difokuskan pada peningkatan pengalaman UI yang lebih halus. 

Berbeda dengan versi yang lebih dulu, Gesture dan Task MIUI kali ini dirender dalam Thread terpisah. Jika sebelumnya dirender dalam satu Core Thread, kini terdapat dua Thread.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kelebihan kapasitas pada CPU dan menghasilkan antarmuka yang lebih halus dan cepat. Selanjutnya, MIUI 12.5 memungkinkan pengguna untuk menghapus lebih banyak aplikasi sistem. 

Perusahaan membandingkan kemampuan menghapus aplikasi sistem MIUI 12.5 dengan One UI 2.5 dan iOS 14.2.1. Sistem operasi ini bahkan dapat menyembunyikan aplikasi jika pengguna menginginkannya.

Beberapa aplikasi sistem yang baru dapat dicopot pemasangannya termasuk Mi Calculator, Notes App, Compass, Weather, Scanner, Mi Recorder, dan banyak lagi.  Sementara yang dapat disembunyikan termasuk Mi Music, Themes, Mi Video, Donwloads, dan Mi File Manager. 

Daftar smartphone Xiaomi penerima MIUI 12.5