Realisasi APBD Kepri 2024 Terus Dikebut, Ansar Tekankan Percepatan dan Sinergi OPD

Medianesia.id, Tanjungpinang – Realisasi pendapatan dan belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2024 terus di kebut.

Hingga 7 Juni 2024, realisasi pendapatan mencapai Rp1,532 triliun atau 36,33 persen dari target Rp4,216 triliun. Sementara itu, realisasi belanja mencapai Rp1,383 triliun atau 31,83 persen dari total pagu APBD Kepri 2024 sebesar Rp4,345 triliun.

Angka-angka ini menunjukkan komitmen kuat Pemprov Kepri untuk mempercepat realisasi anggaran dan mengoptimalkan penggunaan APBD demi memacu pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu di tegaskan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dalam Rapat Evaluasi OPD, Senin (10/6).

“Kita harus bekerja keras dan bersama-sama untuk mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah. Evaluasi ini penting untuk mengetahui kekurangan dan segera melakukan perbaikan,” ujar Ansar.

Ansar juga menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri.

Semua pihak harus bekerja sama dan bersinergi untuk memastikan program-program pembangunan berjalan sesuai rencana dan target yang telah di tetapkan.

“Selain itu, koordinasi dan komunikasi antar OPD juga perlu di tingkatkan untuk menghindari tumpang tindih program dan kegiatan,” katanya.

“Setiap kepala OPD harus memberikan laporan terperinci mengenai capaian, kendala, dan solusi yang telah dan akan di ambil,” tambah Ansar.

Di tengah upaya mengejar target realisasi, progres pengadaan barang dan jasa juga menunjukkan hasil yang positif.

Sebanyak 52 paket tender dengan nilai pagu Rp130,5 miliar telah masuk ke Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ), dan 45 paket di antaranya telah selesai dengan pagu anggaran Rp122,1 miliar per 7 Juni 2024.

Upaya Pemprov Kepri dalam mempercepat realisasi APBD, mengoptimalkan penggunaannya, dan meningkatkan koordinasi antar OPD patut diapresiasi.

Hal ini menunjukkan komitmen dan keseriusan pemerintah dalam membangun Kepri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Diharapkan dengan langkah-langkah yang tepat dan berkelanjutan, target pembangunan daerah dapat tercapai dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kepri.

Editor: Brp