Pulau Bintan dan 5 Daftar Objek Wisata Indahnya

Medianesia.id , Jakarta – Ada beberapa daftar wisata di Pulau Bintan. Pulau Bintan adalah salah satu daerah yang berada di Kepulauan Riau. Bintan juga merupakan pulau terbesar yang ada di provinsi tersebut. Lokasi Pulau Bintan berada di dekat Batam dan Singapura. Pulau ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat indah. Pulau ini memiliki populasi sekitar 200 ribu orang dengan campuran beberapa etnis seperti Melayu, Bugis hingga China.

Di masa pandemi ini, Pulau Bintan telah memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tak hanya untuk para wisatawan, tetapi juga untuk resort, hotel dan restoran.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pulau Bintan menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorit kelas dunia yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan juga mancanegara. Sebagian besar pengunjung dari luar negeri dapat pergi ke Pulau Bintan dengan menggunakan kapal feri dari Singapura atau Johor Bahru, Malaysia.

Untuk ke Pulau Bintan, kita juga bisa menaiki Pesawat dan berhenti di Bandara Raja Haji Fisabilillah, namun bandara ini tidak melayani penerbangan internasional. Riau Airlines adalah operator utama dan menghubungkan pulau Bintan ini ke Jakarta, Palembang, Jambi, Pekanbaru dan Kepulauan Natuna.

Baca Juga  Besok, Ketua Umum KONI Kukuhkan Pengurus KONI Kepri

Dilansir dalam Wonderful Indonesia, berikut beberapa tempat wisata yang indah dan terkenal di Pulau Bintan:

  1. Bintan Resort

    Tempat wisata pertama di Pulau Bintan adalah Bintan Resort. Resort berlokasi di ujung utara pulau, resort ini membentang di sepanjang pantai berpasir putih Laut Cina Selatan.
Bintan Resort (Foto: BintanLagoon)

Bintan Resort memiliki beberapa resort pantai eksklusif dan lapangan golf yang luas dan menawarkan berbagai fasilitas rekreasi dan atraksi yang terletak di dalamnya. Tempat ini juga menjadi pilihan peristirahatan tropis yang sempurna untuk memanjakan diri.

  1. Pulau Penyengat

    Berkunjung ke Pulau Bintan memang belum lengkap jika tak berkunjung juga ke Pulau Penyengat. Lokasinya ada di seberang Kota Tanjung Pinang, dapat ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu yang bisa kita sewa disana.
Pulau Penyengat (Foto: SultanSyarifKasim)

Di Pulau Penyengat ini ada Masjid indah bernama Masjid Sultan Raya yang menurut masyarakat setempat, masjid ini dibangun dengan menggunakan putih telur. Aturan untuk pengunjung yang hendak memasuki wilayah masjid ialah harus melepas alas kaki dan berpakaian sopan (lutut dan bahu tertutup serta kalau bisa pakai baju lengan panjang). Yang menjadi daya tarik selain Masjid Sultan Raya yaitu terdapat sebuah komplek makam yang di dalamnya ada makam Raja Ali Haji, seorang penyair terkenal, sarjana serta sejarahwan yang dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menulis panduan bahasa Melayu di tahun 1800-an.

Baca Juga  39.167 Pelaku Usaha Mikro Batam Terima Bantuan Rp2,4 juta dari Pemerintah Pusat

3. Treasure Bay Bintan

Treasure Bay Bintan merupakan kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Tempat wisata ini menawarkan kolam renang sebesar 6,3 hektar dan julukannya adalah crystal lagoon. Konsep kolam renangnya seperti pantai dengan pinggiran kolam renangnya dibuat melandai dan dilapisi dengan fiber putih yang mirip pasir laut.

Treasure By Bintan (Foto: Instagram treasurebaybintan)
  1. Patung Seribu
Patung Seribu (Foto: Mierrel Christy/Traveller)

Vihara yang terletak di Pulau Bintan ini, memiliki Seribu Patung Wajah atau yang bisa disebut Ksitigarbha Bodhisattva ini memiliki sekitar 500 patung dengan rupa yang berbeda. Meskipun tempat ini diperuntukkan untuk beribadah masyarakat beragama Budha, namun masyarakat umum pun bisa datang dan menikmati arsitektur bernuansa China. Setiap pengunjung yang ingin berkunjung hanya dikenakan tiket masuk Rp 5000. Saat ke sini jangan lupa bawa kamera terbaik untuk foto-foto ya. Ada banyak spot bagus di Vihara Patung Seribu.

  1. Pantai Trikora

    Pulau Bintan juga dikenal dengan kekayaan alam baharinya sehingga Pulau ini memiliki pantai yang cantik bernama Trikora.
Pantai Trikora, Pulau Bintan (foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom)

Pantai Trikora berada di Desa Rapat Malang, Kabupaten Gunung Kijang, Pulau Bintan. Jika memulai perjalanan dari Tanjung Pinang, maka kita masih harus menempuh sekitar 45 mil ke arah timur.

Baca Juga  Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Batam Masuk Kategori Baik

Pantai ini terdiri dari 4 bagian yaitu Trikora 1, 2, 3, dan 4. Menurut masyarakat sekitar, nama Trikora ini berasal dari nama three corral, yang diberikan oleh wisatawan asing yang saat itu berkunjung ke pantai ini saat berlibur ke Pulau Bintan dikala itu.