PDI Perjuangan Kepri Endus Jual Beli Suara Caleg, untuk Pileg DPR RI Dapil Kepri

Medianesia.id, Batam-Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri, Soerya Respationo mengatakan, ada upaya-upaya partai politik untuk menjegal PDI Kepri menjadi wakil rakat Provinsi Kepri di DPR RI. 

“Kami mendapatkan informasi terkait upaya penggerusan dan jual beli suara diduga dilakukan dua partai di daerah Provinsi Kepri,” ujar Soerya Respationo, Senin (19/2/2024)

Calon Legislatif (Caleg) PDI Perjuangan untuk DPR RI dapil Provinsi Kepri menegaskan, pihaknya memiliki bukti-bukti kuat terkait rencana transaksi dan penggerusan suara yang dapat merugikan pihak-pihak terkait lainnya.

“Saya mendapat informasi A1, ada manufer dari partai politik tertentu untuk mengambil suara dari PDI Perjuangan agar bisa lolos DPR RI dapil Kepri,” tegasnya. 

Pria yang akrab disapa Romo ini menjelaskan, terkait rencana ini, mereka membentuk tim untuk operasi lapangan, lalu mendekati partai yang suara calegnya bisa di-take over.

Lebih lanjut katanya, target pelaku yakni dengan cara mendekati caleg DPR RI yang memperoleh suara rendah dan kemungkinan besar tidak akan lolos, untuk kemudian menjual suara yang mereka peroleh saat Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

“Banyak dari caleg-caleg ini tentunya daripada suaranya menganggur, mau saja. Tapi bagaimana mekanismenya, tidak mungkin mengambil dari situ langsung raihan suara mereka berubah gitu aja kan. Pastinya mereka juga harus mendekati para penyelenggara dan pengawas pemilu,” jelasnya.