Miliki Daya Tampung BBM 4,2 Liter, All New Honda Scoopy 2020 Paling Irit di Kelasnya

IDNNews.id, Batam – Sabtu (28/11/2020) malam, Capella Honda sebagai Main Dealer Sepeda Motor Honda di Kepri meluncurkan sepeda motor skutik berkarakter unik dan fashionable generasi terbaru, All New Honda Scoopy.

Motor matic bergenre modern retro ini, diketahui diluncurkan secara online. Lalu apa saja sih keunggulan dari All New Honda Scoopy 2020 ini?.

Dalam penjelasan singkat yang disamnpaikan Ricky Roynaldi, Sales Force Management Honda Capella Dinamika Kepri melalui aplikasi Zoom menegaskan, bahwa varian motor matik terbaru ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sebelumnya.

Diantaranya rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame yang merupakan jenis rangka baru untuk skutik Honda.

Rangka eSAF yang pertama dipakai di Honda Genio, menggunakan proses produksi mutakhir yaitu proses press dan laser welding. Dimana materialnya terbuat dari pelat baja, beda dengan rangka Honda Scoopy sebelumnya yang terbuat dari pipa besi.

Baca Juga  Pasien Covid-19 yang Sembuh Alami Peningkatan. Wako Batam: Sudah 85,9 Persen

Strukturnya pun dikembangkan, biar handlingnya lebih stabil namun tetap nyaman lewati jalan tidak rata.

“Walhasil rangka eSAF ini, membuat All New Honda Scoopy 2020 lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, keunggulan dari All New Honda Scoopy 2020 adalah memiliki mesin baru dengan kapasitas 110 cc. Atau tepatnya 108,2 cc. Di mesin baru ini, bore x stroke 47,0 x 63,1 mm, alias over stroke dimana langkahnya lebih panjang.

Dengan Kompresi mesin eSP All New Honda Scoopy 2020 juga lebih tinggi, yaitu 10,1 : 1, sebelumnya 9,5 : 1.

“Sehingga tenaganya lebih tinggi yaitu 8,85 / 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm/7.500 rpm. Dimana sebelumnya, Honda Scoopy punya tenaga 8,55 dk / 7.500 rpm dan torsi 9,01 Nm / 6.500 rpm,” terangnya.

Baca Juga  Gubernur BI Perry Warjiyo: Indonesia Bakal Jadi Buruan Investor Luar Negeri di 2021

Di sisi lain, ada juga starter seamless ACG, Idling Stop System serta indikator ECO Riding di panel instrumennya. “Dan dari data spesifikasinya, konsumsi BBM-nya bisa tembus 59 km/liter, irit banget tuh,” jelasnya.

Yang terunik dari All New Honda Scoopy 2020 adalah, menggunakan kunci keyless yang biasa digunakan Honda PCX, ADV150, Vario 150 dan Forza 250. Dan pastinya, Smart Key System ini membuat All New Honda Scoopy bikin maling malas.

Soalnya menggantikan kunci mekanikal, Honda Scoopy terbaru sekarang pakai remote untuk menyalakan kuncinya. Di deknya sendiri ada model knop, yang kalau brother simak mirip Honda Vario 150 terbaru.

“Untuk harganya OTR, All New Honda Scoopy 2020 dibandrol dengna harga mulai dari Rp. 18,7 Juta hungga Rp 19,558 juta untuk wilayah Batam. Dan sekitar Rp 20 jutaan hingga Rp 21 jutaan untuk wilayah selain Batam,” terangnya.

Baca Juga  Kader PDI Perjuangan di Batam Tanam Ribuan Pohon di Nongsa

Sementara itu, motor matik yagn satu ini hadir dengan kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2 liter dibandingkan varian terdahulunya yang hanya 4 liter.

Sehingga mampu menyuguhkan konsumsi bahan bakar yang irit di kelasnya mencapai 59 km/liter melalui pengaktifan fitur ISS (metode ECE R40) dengan metode pengetesan EURO 3 menjadikan skutik popular ini semakin efisien, lebih responsif, dan juga ramah lingkungan.

“Kendaraan ini sangat cocok untuk kita yang sering berjalan jauh. Karena kapasitas bensinnya 4,2 liter dan irit,” terangnya. (Iman Suryanto)