Hadapi PPDB, Disdik Kota Batam Siapkan 145 Orang Operator

Medianesia.id, Batam– Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Batam akan menyiapkan 145 orang operator untuk melayani proses Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB TA 2024/2025. 

“Pembukaan pendaftaran PPDB akan dimulai pada 3 Juni 2024 mendatang. Saat ini, kami terus mematangkan teknis kerja-kerja operator yang akan bertugas,” ujar Kepala Disidik Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto, Selasa (28/5/2024)

Ditegaskannya, proses PPDB Online sudah beberapa kali digelar, sehingga operator yang bertugas sudah memahami tugas dan tanggungjawabnya, 

“Namun ada beberapa tenaga sudah berpindah tugas, karena penempatan PPPK. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian dengan pelatihan kembali,” jelasnya. 

Lebih lanjut katanya, lewat pelatihan ini, semua operator yang ditugaskan, akan mendapatkan penjelasan tata cara PPDB sesuai dengan juknis dari pusat. Jangan sampai berkas peserta didik tidak diproses.

“Operator ini yang menerima dan memverifikasi data pelamar yang masuk. Sehingga diharapkan tidak ada kesalahan, yang bisa menyebabkan ada kendala dalam PPDB,” sebutnya.

Dalam pelaksanaan PPDB, ia menyebutkan akan membuka beberapa link pendaftaran yang bisa diakses calon peserta maupun orangtua. Hal ini menghindari kemacetan saat mendaftar.