oleh

Disdik Kepri : PPDB SMA/SMK Negeri di Batam Jadi Atensi

medianesia.id, Tanjungpinang – Kepala Dinas Pendidikan (DIsdik) Provinsi Kepri, Andi Agung mengatakan pelaksaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA/SMK Negeri di Batam jadi atensi. 

“Khusus Batam memang menjadi perhatian kita. Karena jumlah siswa SMP yang lulus dengan Daya Tampung SMA/SMK Negeri saat ini belum seimbang,” ujar Andi Agung, Kamis (8/6/2023)

Menurut Andi Agung, ada selisih sekitar 6.000 ribuan siswa lulusan SMP yang tidak bisa ditampung di SMA/SMK Negeri. 

“Namun jika kita inkludkan dengan SMA/SMK swasta, tentu kapasitas sekitar SMA/SMK di Batam tidak mengalami kekurangan,” jelasnya. 

Baca Juga : PPDB SMA/SMK Negeri Dibuka 15 Juni Mendatang, Ini Syarat dan Ketentuannya

Menyikapi kondisi kondisi ini, pihaknya mendorong orang tua yang memiliki kemampuan lebih, diharapkan menyekolahkan anak-anaknya di SMA/SMK swasta. 

“Namun persepektif tentang sekolah favorit atau unggulan masih melekat ditengah-tengah masyarakat. Padahal, lewat sistem sekarang ini, sudah tidak ada lagi,” tegasnya. 

Pendaftaran PPDB tahun ajaran 2023/2024 masih menggunakan sistem luring dan daring. Untuk pendaftaran PPDB SMA dibagi menjadi dua tahap. 

Baca Juga : PPDB SMP Di Batam Dibuka 12 Juni Mendatang, Ini Link Pendaftarannya

Tahap pertama, yaitu jalur prestasi 15 persen, afirmasi 15 persen dan perpindahan orang tua 5 persen. Pendaftaran dimulai tanggal 13-19 Juni 2023, dilanjutkan pengumuman tanggal 21 Juni 2023, dan daftar ulang tanggal 22-24 Juni 2023.

Sementara pendaftaran tahap kedua, yakni jalur zonasi 65 persen dibuka tanggal 22-26 Juni 2023, lalu pengumuman tanggal 1 Juli 2023, dan pendaftaran ulang tanggal 3-6 Juli 2023.

“Kenapa pendaftaran SMA dibagi dua tahap, guna mempermudah anak-anak yang tidak diterima di jalur prestasi dan afirmasi, bisa masuk lewat jalur zonasi,” ungkap Andi Agung.

Baca Juga : Wabup Karimun Ingatkan Dinas Pendidikan Antisipasi Pungli saat PPDB

Sementara untuk pendaftaran PPDB SMK, lanjutnya, menggunakan jalur penilaian rapor, prestasi akademik dan nonakademik sebesar 75 persen, bina lingkungan 10 persen, dan keluarga tak mampu 15 persen.

“Pendaftaran PPDB SMK dibuka tanggal 13-19 Juni 2023, pengumuman tanggal 21 Juni 2023, dan daftar ulang tanggal 22-24 Juni 2023,” tutup Andi Agung. 

Penulis : Ags 

Editor : Ags

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *