11 Makanan untuk Memperlancar dan Memperbanyak ASI

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Untuk Bunda yang suka makan steak sapi, makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi selama periode menyusui, lho. Tetapi, akan lebih baik jika Bunda mengkonsumsi daging sapi non-lemak.

Hal ini dikarenakan daging sapi non lemak mengandung banyak zat besi. Zat besi pada makanan untuk ibu menyusui ini sangat diperlukan oleh Bunda guna menambah energi yang terkuras pasca melahirkan dan menyusui.

Tetapi, untuk menghindari bakteri, pastikan daging sapi yang Bunda konsumsi dimasak pada tingkat kematangan well done, ya.

4. Beras Merah

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan.

Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjada kadar gila dalam darah Bunda, lho.

Yang paling penting, makanan untuk ibu menyusui satu ini juga mengandung banyak senyawa yang akan meningkatkan kualitas ASI, lho. Saat si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, beras merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik buat bayi.

5. Jeruk dan Sayuran

Buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tentu pada masa menyusui Bunda memerlukan banyak asupan vitamin, khususnya vitamin C. Bahkan, faktanya vitamin C lebih dibutuhkan oleh Bunda saat menyusui dibanding saat hamil lho.

Jadi, untuk meningkatkan kualitas ASI, Bunda bisa menambah konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, nanas, mangga, dan sejenisnya.

Sedangkan, kalau sayuran, sudah jelas bermanfaat bagi nutrisi dan pencernaan buah hati. Sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain adalah bayam, jangung, dan juga kentang.