Tips Merawat Mobil Agar Kinclong Kembali

Medianesia.id, Otomotif – Di masa transisi atau new normal, kendaraan pribadi mulai aktif menggelinding di jalan. Namun, karena lama tak dipakai saat di rumah saja di tengah pandemi virus corona, membuat mobil menjadi kurang terawat.

Herli Barlian, Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan saat PSBB para pemilik mobil kurang menyadari tampilan bodi serta kaca mobil.

Melalui webinar yang diselenggarakan oleh Suzuki Indonesia, Herli menyampaikan beberapa tips untuk merawat mobil agar kinclong kembali.

  • Menghilangkan goresan di bodi mobil

Sering kali pengendara tidak menyadari goresan yang ada di bodi mobil.

Untuk itu, Herli menyarankan mencuci mobil di tempat yang tidak terkena matahari langsung dengan menggunakan compound untuk menghilangkan goresan.

Baca Juga  Aniaya Abdul Aziz, Warga Binaan ini Kembali Jadi Tersangka

Gosokkan bagian yang terkena goresan dengan busa halus. Gosokkan secara melingkar dengan lembut. Setelah itu, oleskan wax dengan busa halus untuk menyempurnakan hasil compound.

  • Mencegah bodi mobil berkarat

Bodi mobil menjadi berkarat dikarenakan pengelupasan cat pindung pada metal mobil.

Hal ini harus dihindari untuk mencegah mobil berkarat, yakni hindari parkir di tempat yang lembap. Setelah hujan, mobil harus segera dicuci.

  • Agar kaca tidak jamuran

Kaca mobil wajib memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara, ini sebabnya menjadi hal yang penting untuk dirawat.

Jika kurang perawatan, kaca mobil dapat ditumbuhi jamur yang disebabkan sisa air kotor.

Untuk menghindari hal tersebut, setelah kaca terkena air atau hujan, segera keringkan kaca mobil dengan sempurna. Jangan sampai bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan.

Baca Juga  Empat Bulan Buron, Tersangka Korupsi Ini Tertangkap di Anambas

Setelah kaca terkena air hujan, bersihkan dengan segera pakai air bersih. Namun, jika kaca mobil terlanjur berjamur pengendara bisa gunakan alkohol dan gosok dengan kapas. (*/genpi)