Syarat Perjalanan Laut, Penumpang Wajib Pakai Tes GeNose

Ilustrasi Kapal Pelni
Ilustrasi Kapal Pelni

Medianesia.id – Kementerian Perhubungan resmi mengizinkan tes GeNose C19 sebagai salah satu syarat perjalanan bagi penumpang transportasi laut atau kapal laut di masa pandemi covid-19.

Keputusan tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) 25 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut Dalam Masa Pandemi Covid-19. Aturan ini merupakan tindak lanjut dari SE Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengatakan alat tes GeNose C-19 mulai berlaku pada 1 April 2021 sebagai salah satu alternatif pemeriksaan kesehatan moda transportasi laut.

“Launching penggunaan alat tes GeNose C-19 di Pelabuhan Tanjung Priok ini sekaligus pertanda dimulainya penggunaan alat tes GeNose-19 di sektor transportasi laut,” kata Agus lewat rilis, Kamis (1/4).

Baca Juga  WOW, Trans Studio Garden Bakal Hadir di Tanjungpinang

Di tahap awal, Genose C-19 baru diterapkan di Pelabuhan Tanjung Priok dan akan menyusul secara bertahap di pelabuhan lainnya.

Menurut Agus, selain lebih murah, penggunaan GeNose juga irit waktu karena hasil tes keluar dengan cepat dengan tingkat deteksi dan akurasi tinggi.

Penggunaan GeNose bertujuan untuk meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru demi terciptanya kehidupan produktif dan aman dari covid-19 dan mencegah peningkatan penularan covid-19.

gus mengungkapkan dalam uji coba di Pelabuhan Tanjung Priok, penggunaan alat tes GeNose C-19 menunjukkan hasil yang baik.