Manfaat Minyak Esensial Bagi Kesehatan yang jarang di Ketahui

Medianesia.id, Kesehatan – Minyak esensial didapatkan dari penyulingan ekstrak kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang, dan bagian tanaman lainnya.

Minyak esensial sering digunakan dalam aromaterapi atau sebagai bagian dari pengobatan alternatif.

Mau tahu apa saja manfaat minyak esensial bagi kesehatan? Berikut ini ulasannya.

1. Mengatasi Stress

Kemampuan minyak esensial untuk mempengaruhi psikologis seseorang memang tidak diragukan lagi. Khususnya untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Untuk masalah ini, kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial bunga lavender. Lavender adalah salah satu minyak aromaterapi yang paling populer. Menurut penelitian, aromaterapi lavender mampu menenangkan kecemasan dengan memengaruhi sistem limbik, bagian otak yang mengendalikan emosi.

Kamu bisa menggabungkan beberapa tetes minyak lavender dengan satu sendok teh gel mandi tanpa wewangian. Aduk campuran tersebut ke dalam air mandi hangat.

Selain lavender, kamu bisa menggunakan jasmine oil atau minyak melati. Minyak melati memiliki aroma bunga yang wangi.

Baca Juga  Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta, PKS: Pemerintah Sebaiknya Akui Kelemahan Penanganan Pandemi

Menurut sebuah studi, menghirup minyak melati dapat meningkatkan rasa rileks. Tidak seperti beberapa minyak esensial lain yang dapat membuat ngantuk, minyak melati mampu menenangkan sistem saraf tanpa menyebabkan kantuk.

Kamu bisa menghirup minyak melati langsung dari botol atau biarkan aroma jasmine memenuhi ruangan melalui diffuser.

2. Membantu Tidur dan Insomnia

Minyak esensial juga bisa menjadi cara ampuh untuk membantu kamu rileks dan tidur lebih lelap. 

Minyak lavender bahkan telah terbukti meningkatkan kualitas tidur wanita, serta pasien penyakit jantung 

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma minyak, kebanyakan minyak lavender, memiliki efek positif pada kebiasaan tidur.

3. Membantu Mengurangi Pusing dan Migrain

Salah satu minyak atsiri paling populer dalam aromaterapi, lavender, telah digunakan untuk kecemasan, rasa sakit, dan untuk membantu orang tidur.

Baca Juga  Ketua KONI Kepri Targetkan Medali '747' di PON Papua 2021

Ada banyak penelitian yang melihat manfaat kesehatan lavender. Tetapi sebagian besar studi sangat terbatas. Salah satu penelitian menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender mungkin cara yang aman untuk meredakan gejala migrain.

4. Membantu melancarkan pencernaan

Minyak esensial juga memiliki kemampuan untuk mengobati masalah pencernaan seperti diare, mual atau kram perut. 

Kamu bisa mengoleskan minyak peppermint di area perut. Peppermint bisa menenangkan otot pencernaan dan membantu mengeluarkan gas sakit perut. 

Selain peppermint, minyak esensial kapulaga membantu mengatur pencernaan, Seperti halnya temulawak. Ini sifat antispasmodik dan anti-inflamasi meredakan keram, itulah sebabnya ia telah lama digunakan untuk menenangkan sakit perut. 

5. Mengurangi Gejala PMS

Sering kali ketika PMS datang, perut akan terasa kaku dan sakit, nyeri di sekujur tubuh hingga mood yang berubah-ubah. Minyak esensial lavender mampu meringankan gejala PMS yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga  Ketum KONI Pusat Usulkan Atlet di Daerah Mendapatkan Prioritas Vaksinasi Covid-19

Cukup dengan mengoleskan minyak lavender ke perut kemudian pijat perlahan, gejala PMS akan terasa berkurang.

6. Membantu Mengatasi Infeksi Pada Kulit

Jika kamu memiliki permasalahan pada kulit seperti iritasi kulit atau jerawat, kamu bisa menggunakan minyak esensial untuk mengatasi berbagai gangguan kulit tersebut. Gunakan minyak esensial tea tree yang bersifat antibakteri, antijamur dan antiseptik.

Tea tree oil dikenal ampuh untuk mengatasi infeksi kulit, bahkan sangat populer sebagai salah satu bahan utama perawatan untuk wajah berjerawat.

7. Mengatasi Flu dan Pilek

Ketika kamu merasa sakit flu dan pilek, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu putih (eukaliptus) secara rutin.

Kandungan esensial kayu putih merupakan antibakteri yang bisa membuat otot-otot hidung menjadi rileks. Campurkan beberapa tetes minyak esensial eukaliptus ke dalam air hangat agar bisa dijadikan aromaterapi. (*)