oleh

Kelompok Tani Serumpun Mandiri Sulap Lahan Eks Tambang Bouksit jadi Kebun Cabai

Medianesia.id, Tanjungpinang – Kelompok Tani Serumpun Mandiri di Tanjungpinang berhasil menyulap lahan eks tambang bouksit menjadi lahan pertanian cabai yang produktif.

Kelompok Tani Serumpun Mandiri memanfaatkan lahan eks tambang bouksit di sekitar Waduk Makorem 031 Senggarang, yang sebelumnya tidak terbayangkan bisa ditanami cabai.

Di tangan terampil para anggotanya, lahan kering bercampur batu bouksit disulap menjadi surga cabai.

Dari lahan seluas 2.500 meter persegi, kelompok tani ini telah memanen 800 kilogram cabai merah hingga akhir Maret lalu. Ini merupakan bukti bahwa lahan eks tambang bouksit dapat diolah menjadi lahan pertanian yang produktif.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan mengapresiasi Kelompok Tani Serumpun Mandiri. Sebagai bentuk dukungan, ia akan memberikan bantuan mesin kultivator untuk mempermudah proses pengolahan lahan.

“Luar biasa. Lahan bouksit mampu diolah menjadi lahan pertanian cabai produktif. Saya ucapkan terima kasih kepada para anggota kelompok tani. Untuk itu saya akan membantu pengadaan mesin traktor yang diperlukan, hingga proses pengolahan lahan bisa lebih cepat,” kata Hasan, Rabu (3/4/2024).

Hasan juga mendorong kelompok tani ini untuk memperluas lahan olahan cabai merah di lokasi tersebut. Ia memerintahkan Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) untuk segera menginventarisir kebutuhan sarana prasarana lainnya, seperti mulsa, mesin pompa air, dan selang.

“Terima kasih telah membantu pemerintah memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.(*/Brp)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *