oleh

Ini Dia Aturan COD yang Wajib Anda Ketahui Saat Belanja Online

Pembenahan Skema COD

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak terkait sehingga ke depan, skema COD bisa lebih menenangkan dan menentramkan untuk semuanya :

Pihak Marketplace

Marketplace menerbitkan klausula berupa duaopsi bagi pembeli untuk memilih membatalkan transaksi atau meneruskan. Dengan konsekuensi bagi pembeli yang memilih untuk membatalkan transaksi jual beli akan menerima bahwa pembeli setuju menyerahkan uang kepada kurir untuk membayar biaya ekspedisi beserta biaya pengemasan barang.

Atau meneruskan akad jual belinya dengan cara membayar tagihan pembelian barang dan kurir bisa menerima klaim garansi dengan konsekuensi bahwa pihak pembeli tidak dikenakan biaya ekspedisi dan pengemasan barang.

Marketplace memperbanyak sosialisasi / literasi kepada penjual dan pembeli tentang fasilitas pembayaran COD untuk memberikan penegasan bahwa skema ini lebih tepat disebut dengan skema janji beli, bukan akad jual beli seperti biasanya.

Sebab ciri-ciri dari skema janji beli memiliki konsekuensi bahwa pembeli belum menyerahkan uang pembayaran atas barang yang ia pilih. Sehingga apabila pihak pembeli membatalkan transaksi janji beli ini dengan alasan apapun, maka tidak ada kewajiban keuangan apapun yang dikeluarkan pembeli kecuali untuk sekedar mengganti biaya pengemasan dan ekspedisi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *