Daftar Password yang Paling Mudah Dibobol, Tips Membuat Password yang Aman

ilustrasi login akun
ilustrasi login akun

Medianesia.id – Zaman era digital seperti saat ini, peran password atau kata sandi menjadi sangat penting dalam setiap sendi kehidupan masyarakat. Hal itu lantaran kini lebih banyak orang bergantung pada aspek digital seperti keuangan, perbankan dan kehidupan sosial lainnya, dengan demikian, kini mengelola password juga tak bisa sembarangan.

Terkait password, menurut analisis basis data dari perusahaan pengelola kata sandi NordPass, orang-orang masih menggunakan kata sandi jaringan paling dasar, yang mudah diretas. Setelah meninjau hampir 275,7 juta kata sandi, NordPass merilis daftar 200 kata sandi yang paling umum digunakan untuk akun online pada tahun 2020.

Peringkat pertama terkait password yang paling mudah dibobol adalah ‘123456’. Parahnya, password yang paling mudah ditebak ini digunakan oleh 2,5 juta orang. Tahun lalu, kata sandi ini menempati urutan kedua. NordPass menyatakan bahwa kata sandi telah diretas lebih dari 23,5 juta kali.

Data menunjukkan bahwa banyak orang masih bersikeras menggunakan kata sandi yang lemah, meskipun kata sandi ini paling tidak aman. Misalnya, sandi pendek ‘12345’ yang menempati urutan pertama tahun lalu. Kedua kata sandi di atas dapat diretas dalam waktu kurang dari satu detik.

Di 10 besar, ‘111111’ juga merupakan kata sandi yang paling umum digunakan, naik dari 17 tahun lalu menjadi keenam, dan angka ‘123123’ naik dari 18 ke ketujuh.

Dalam hal teks, kata sandi baru ‘picture1’ bergabung dengan peringkat kata sandi yang umum digunakan, dan akhirnya menempati peringkat ketiga.

Tempat keempat adalah ‘password’. Kata sandi ‘senha’ berada di peringkat 10. Ini adalah kata sandi baru dalam daftar, yang artinya kata sandi dalam bahasa Portugis. Kata sandi ‘1234567’ diikuti oleh ‘qwerty’ yang populer, yang menempati urutan ke-12.

Sepuluh kata sandi teratas dapat diretas dalam 10 detik atau kurang, sedangkan ‘picture1’ dapat diretas dalam tiga jam.

Tips Membuat Password Yang Aman

1. Jangan gunakan informasi pribadi

Hindari pengunaan informasi pribadi seperti nama, tanggal ulang tahun, username, alamat email dan sebagainya. Password seperti ini biasanya dapat diakses oleh publik, sehingga bisa sangat rawan ditebak oleh orang lain.

Contoh password yang sering banyak dijumpai seperti : 123456, rahasia, admin,  password, dan masih banyak lagi contoh lainnya yang belum dituliskan.

Baca Juga

Twitter Akhirnya Merilis Fitur Fleets Secara Global, Begini Cara Pakainya

medine mdn

Tips dan Cara Agar WhatsApp Aman dari Penyadapan

Redaksi