oleh

Candi Borobudur dan Prambanan Uji Coba Buka, Cek Syarat Masuknya

Medianesia.id – Yogyakarta menawarkan keindahan alam yang sangat memesona. Terdapat beragam tempat wisata serta atraksi yang menarik perhatian wisatawan mancanegara (wisman) ataupun wisawatan nusantara (wisnus) di kota tersebut.

Selama pandemi Covid-19, beberapa tempat wisata termasuk Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah hingga Candi Prambanan tutup sementara.

Namun, ada kabar gembira bagi kamu yang suka berwisata. Candi Borobudur dan Candi Prambanan masuk dalam daftar 20 tempat wisata yang diizinkan uji coba buka oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sejak Sabtu lalu, 18 September 2021, kedua tempat wisata tersebut telah uji coba buka. Buat kamu yang ingin berwisata ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan, cek dulu beberapa hal berikut yang perlu diperhatikan, seperti yang dirangkum dari Instagram @borobudurpark, Rabu, 22 September 2021.

1. Vaksin dan persyaratan lain
Bagi wisawatan yang ingin berkunjung, wajib sudah vaksin minimal dosis pertama. Selain itu sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi di ponsel untuk mengecek status vaksinasi.

Untuk wisatawan yang boleh berkunjung adalah yang berusia di atas 12 tahun atau sudah melakukan vaksin. Wisatawan pun juga diminta wajin menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

2. Jam operasional
Terkait jam operasional juga wajib diketahui oleh wisawatan sebelum berkunjung ke tempat wisata di atas. Ada jam operasional yang berbeda antara Candi Borobudur dengan Candi Prambanan.

ika Borobudur, loket penjualan tiket dibuka pukul 08.00-15.00 WIB, jam buka loket parkir 07.30-14.30 WIB, jam buka zona 1 (Pelataran candi) 08.30-16.00 WIB.

Untuk Prambanan, loket penjualan tiket dibuka pukul 08.00-14.30 WIB, jam tutup loket parkir 14.00 WIB, dan jam buka zona 1 (Pelataran candi) 08.30-15.00 WIB.

3. Hanya sampai pelataran
Terdapat beberapa informasi penting lain yang wajib kamu ketahui, di mana kunjungan dapat dilakukan maksimal sampai pelataran atau halaman Candi Borobudur ataupun Prambanan.

Terkhusus hari senin, kunjungan hanya dapat dilakukan di zona 2 (area taman sekitar candi) dan tidak dapat naik sampai pelataran Candi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita lainnya