Polresta Tanjungpinang Ingatkan Pentingnya Balik Nama Kendaraan

Medianesia.id, Tanjungpinang – Polresta Tanjungpinang mengimbau masyarakat untuk segera mengurus proses balik nama kendaraan baru atau bekas.

Hal itu bertujuan untuk mempermudah pengurusan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan menghindari kesalahpahaman saat penerapan Tilang Elektronik (ETLE).

Kapolresta Tanjungpinang melalui Kasubsi Penmas, IPTU Sahrul Damanik, menjelaskan berdasarkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 tahun 2021 Pasal 61, wajib hukumnya membawa KTP asli saat mengurus pembayaran pajak, khususnya perpanjangan STNK.

“Pengesahan STNK secara manual diwajibkan melampirkan identitas diri berupa KTP asli sesuai dengan STNK,” jelas IPTU Sahrul Damanik.

“Kesesuaian data diri antara KTP dan STNK ini salah satunya untuk mendukung penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” tambahnya.

Lebih lanjut, IPTU Sahrul Damanik, juga mengingatkan agar masyarakat memastikan nama di STNK sudah sesuai dengan nama pembeli sesuai dengan KTP asli, baik untuk kendaraan baru maupun bekas.