oleh

Gen Z dan Milenial Inginkan PDI Perjuangan Oposisi

Medianesia.id, Jakarta– Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyimpulkan, Generasi Z dan Milenial menginginkan PDI Perjuangan menjadi oposisi di kabinet Prabowo dan Gibran. 

Survei nasional LPI ini dilakukan 12-18 Maret 2024 terhadap 1.300 terhadap Gen Z (17-26) dan milenial (27-42 tahun) yang menggunakan hak pilih pada 14 Februari 2024 lalu. 

Survei tersebut memotret persepsi Gen Z dan millenial terhadap peluang rekonsiliasi politik PDIP-Partai Gerindra. Margin of error dari ukuran sampel tersebut sebesar ± 2,97 pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah stratified multistage random. Dalam teknik tersebut, subjek yang diambil oleh peneliti sebagai sampel adalah populasi penelitian yang besar berasal dari 18 provinsi di Indonesia dan memiliki tingkatan generasi yang berbeda antara Gen Z serta milenial.

“Mayoritas Gen Z dan milenial menginginkan agar PDIP menjadi oposisi untuk mengimbangi pemerintahan Prabowo-Gibran,” kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (20/3/2024)

Dijelaskannya, dari hasil suveri tersebut, sebanyak 60,4 persen responden yang setuju PDIP menjadi oposisi atau tidak setuju adanya rekonsiliasi PDIP dengan Gerindra. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *