9 Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

ilustrasi business

Medianesia.id – Pada zaman sekarang ini dengan bantuan smartphone dan konesksi internet, siapapun kini bisa memulai bisnis marketplace yang disediakan banyak situs e-Commerce untuk menjual barang atau jasa secara online.

Walaupun begitu, kemudahan yang bisa dimanfaatkan tersebut gak menjamin keberlangsungan atau kesuksesan bisnis yang baru dibangun

Berikut Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

1. Merasa sudah memiliki cukup ilmu atau pengetahuan seputar bisnis

Proses belajar nggak akan berhenti sampai di institusi pendidikan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita akan terus belajar, apalagi dalam memulai bisnis. Banyak hal yang kita perlu ketahui sebagai persiapan untuk membangun usaha, mulai dari memahami proses produksi hingga strategi memasarkan produk.

Begitu pula setelah merintis usaha, jangan berhenti belajar sampai di situ saja. Dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha tersebut pun kita masih butuh terus belajar. 

2. Memilih bisnis yang tidak dikuasai

Kamu lebih menyukai teh daripada kopi, tapi karena bisnis kedai kopi sedang booming beberapa tahun belakangan, maka kamu memilih menjalankan kedai kopi. Mungkin hal ini bisa tetap kamu jalani, tapi akan terasa berat untuk dilakukan. Selain karena jumlah pesaing yang sudah sangat banyak, juga karena kurang menguasai produk yang kamu jual.

Mengikuti tren atau minat pasar memang bagus, walaupun begitu coba temukan passion atau minat dalam dirimu terlebih dahulu lalu cari tahu apa peluang yang bisa dilakukan dengan hal tersebut.

3. Salah memilih partner atau rekan kerja

Memulai bisnis dengan teman dekat atau orang yang kita percaya tentu membuat banyak hal terasa lebih mudah untuk dilakukan. Apalagi dalam prosesnya, bisnis gak selalu berjalan lancar. Ketika hal itu terjadi, kamu dan partner tentunya harus bisa mendukung dan memotivasi satu sama lain. Karena itu, memilih partner yang tepat sangat penting untuk menghindari kerugian materi dan memastikan keberlangsungan bisnis yang kamu bangun.

4. Melakukan semuanya seorang diri

Setiap wirausaha pasti memiliki rasa kepemilikan yang kuat terhadap bisnis yang mereka bangun, apalagi jika persiapannya memakan waktu lama dan penuh perjuangan. Apa pun akan dilakukan untuk membuat bisnis tersebut berjalan seperti apa yang dibayangkan dari awal.

Walaupun begitu, ketika pekerjaan yang kamu pegang sebagai business owner semakin banyak, sudah saatnya mempercayakan orang lain untuk membantumu. Delegasikan beberapa pekerjaan kepada orang-orang yang kamu pekerjakan sesuai dengan kapasitas mereka. Dengan menghindari micro-management dan berinvestasi pada orang yang tepat, kamu bisa memastikan perkembangan usaha yang kamu bangun.

5. Mengabaikan riset atau uji produk berkala

Melihat peluang bisnis gak bisa hanya dimulai dari keinginan atau kesukaan, tapi juga perlu didukung riset untuk mengetahui minat pasar. Apakah bisnis yang kamu mulai nantinya dibutuhkan atau bisa memenuhi kebutuhan (demand) banyak orang? Bahkan setelah beberapa waktu menjalankan bisnis pun, riset atau uji produk tetap dibutuhkan untuk melihat bagaimana kamu bisa semakin mengembangkan bisnismu nantinya.

Baca Juga

Harga dan Spesifikasi OPPO A92, Dilengkapi Baterai Berkapasitas Daya 5000 mAh

Redaksi

5 Cara Agar Baterai Smartphone Bisa Tahan Saat Main Game

Redaksi

Cara Melacak Menemukan kembali HP yang Hilang

Redaksi