6 Macam Olahraga HIIT Cardio untuk Pembakar Lemak

Medianesia.id – Apa itu olahraga HIIT? Mungkin diantara kita masih banyak yang belum tahu mengenai jenis olahraga ini. High Intensity Interval Training atau yang biasa disebut sebagai HITT Cardio adalah sebuah olahraga kardio dengan intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu yang singkat atau sekitar 20-30 menit. Walau demikian, olaharaga ini sama bermanfaatnya dengan saat lita melakukan dua kali olahraga yang berintensitas sedang.

Agar tubuh tetap bugar, ini dia 6 macam olahraga HIIT cardio pemula yang bisa diikuti siapa saja.

Push up

Gerakan olahraga yang satu ini akan membakar lemak serta membentuk otot di area bahu, dada, triceps, dan perut. Cocok untuk Anda yang ingin fokus membentuk area tubuh bagian atas karena gerakan push up akan membantu Anda dalam membentuk abs. Pertama, lakukan gerakan pike push up dengan memposisikan tubuh seperti push up biasa dan mengangkat bokong ke atas hingga posisi terlihat seperti segitiga. Lakukan selama 15 kali.

Baca Juga  Pasien Covid-19 yang Sembuh Alami Peningkatan. Wako Batam: Sudah 85,9 Persen

Kemudian, ganti posisi menjadi incline push up dengan menggunakan bantuan kursi. Letakkan kedua tangan di atas kursi dan kaki tetap menyentuh lantai, lakukan selama 15 kali. Selanjutnya, lakukan push up biasa selama 15 kali. Terakhir, ubah ke posisi plank tucks dan lakukan selama 15 kali. Istirahatkan tubuh dalam 60 detik dan ulangi kembali hingga 15 menit.

Jumping jack

Gerakan ini terlihat mudah, namun mampu menstimulasi seluruh anggota tubuh. Mulai dari lengan hingga kaki, Anda bisa menerapkan gerakan jumping jack ke dalam olahraga HIIT cardio pemula. Untuk memulai, lakukan gerakan jumping jack sebanyak 50 kali secepat mungkin. Kemudian, Anda bisa melakukan 20 jumping jacks dengan santai.

Baca Juga  Kader PDI Perjuangan di Batam Tanam Ribuan Pohon di Nongsa

Lanjutkan kembali dengan 50 gerakan jumping jacks sambil berjongkok. Gunakan waktu 60 detik untuk beristirahat sejenak dan ulangi kembali hingga 15 menit. Anda juga bisa menggabungkan gerakan jumping jacks dengan gerakan olahraga lainnya untuk mendapatkan hasil maksimal.