11 Manfaat Tomat bagi Kesehatan, Diantaranya Melancarkan Pencernaan

Medianesia.id, Kesehatan – Tomat sangat baik dalam menunjang kesehatan tubuh jika rutin dikonsumsi sehari-hari. Kamu bisa memakannya langsung, menemani makanan seperti salad, maupun dibuat jus.

Kandungan penting dalam tomat terbukti mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti menangkal kanker, menghindari penyakit jantung hingga mempertahankan fungsi mata.

Berikut ini daftar khasiat tomat bagi kesehatan:

1. Ampuh Menangkal Kanker

Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Dengan komponen ini, tomat adalah buah ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Beberapa penelitian menyebut bahwa kandungan beta karoten yang bersifat antioksidan secara signifikan mampu menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

Warna tomat yang merah menunjukkan bahwa buah ini mengandung likopen. Di mana zat tersebut juga berperan dalam mencegah kanker secara efektif.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Namun, meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek pelebarannya pada arteri.

Studi menunjukkan bahwa kalium tinggi dan natrium yang rendah berkaitan dengan penurunan risiko kematian sebesar 20 persen.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam tomat adalah komponen penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Peningkatan asupan kalium, bersama dengan penurunan asupan natrium, adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan rata-rata orang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tomat juga mengandung folat. Ini membantu menyeimbangkan level homocysteine, asam amino dari pemecahan protein yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Dengan adanya pengelolaan kadar homocysteine oleh folat yang terkandung dalam tomat, maka hal ini dapat mengurangi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

4. Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satu andalannya adalah tomat.

Peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan sekitar 38 g per hari untuk pria.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang efektif.

Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, lutein, dan beta karoten. Ini adalah antioksidan kuat yang telah terbukti melindungi mata terhadap kerusakan, perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia.

Studi penyakit mata karena usia menemukan bahwa orang-orang dengan asupan makanan tinggi karotenoid lutein dan zeaxanthin, keduanya ada dalam tomat, mengalami penurunan 35 persen dalam risiko gangguan mata.

7. Memperbaiki Kerusakan karena Rokok

Asam coumaric dan asam klorogenat yang terkandung dalam tomat diketahui ampuh dalam membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok. Tak hanya bagi perokok aktif, ini juga bermanfaat utnuk perokok pasif.

8. Mendukung Imunitas Tubuh

Melimpahnya kandungan vitamin C, jus tomat segar sangat baik dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Vitamin C di dalamnya juga mengendalikan peningkatan hormon stres, membantu tubuh tetap berenergi dan fit setiap hari.

9. Membantu Membakar Lemak

Tak heran jika tomat merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali dijumpai pada menu salad atau makanan sehat lainnya. Karena memang dibutuhkan dalam program diet.

Jika kamu melakukan diet, cobalah untuk memasukkan tomat sebagai bagian dari menu harian. Tomat mendorong produksi asam amino yang disebut carnitine, yang dilaporkan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak tubuh hingga setidaknya 30 persen.

10. Mempercantik Kulit

Tomat merupakan unsur penting dalam sebagian besar perawatan kecantikan. Buah ini membantu mengatasi pori-pori besar, jerawat, menenangkan kulit terbakar, dan menyegarkan kembali kulit kusam.

Antioksidan dalam tomat, terutama likopen, terbukti efektif dalam melawan kerusakan sel dan peradangan pada kulit.

Tomat juga mampu menghilangkan minyak berlebih dari kulit wajah dan membuatnya nampak segar lebih lama. Untuk mendapatkan khasiat ini, coba campur jus tomat segar dan mentimun. Lalu gunakan bola kapas, oleskan jus ke wajah secara teratur.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan tomat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Peningkatan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari radiasi ultraviolet (UV) diketahui berasal dari wanita yang rutin makan pasta tomat.

11. Mendukung Masa Kehamilan

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan wanita selama kehamilan untuk menjaga kesehatan diri dan bayinya. Ini membantu pembentukan tulang, gigi, dan gusi yang sehat.

Vitamin dalam tomat juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh, nutrisi penting lainnya selama kehamilan. Meskipun mengonsumsi suplemen zat besi selama kehamilan disarankan, konsumsi tomat dapat memberi manfaat lebih.