oleh

Siap-siap! Internet Super Cepat Starlink Hadir di Indonesia, Segini Tarifnya per Bulan

Medianesia.id, Batam – Starlink, perusahaan internet satelit milik Elon Musk, telah mengantongi dua izin untuk beroperasi di Indonesia.

Perusahaan tersebut siap menghadirkan internet super cepat dengan kecepatan hingga 200 Mbps, jauh melebihi rata-rata internet di Indonesia yang hanya 20,85 Mbps.

Tak tanggung-tanggung, mereka menawarkan kecepatan internet yang fantastis, namun dengan biaya yang sepadan. Pengguna perlu merogoh kocek sekitar Rp2,3 – Rp3,07 juta untuk pemasangan alat penerima sinyal dan biaya bulanan dengan nominal yang sama.

Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, mengatakan bahwa layanan ini mungkin kurang cocok untuk individu karena biayanya yang tinggi.

“Rata-rata biaya internet keluarga di Indonesia sekitar Rp150 ribu sampai Rp300 ribu,” jelas Heru.

Meskipun mahal, layanan ini ideal untuk wilayah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) yang seringkali terkendala akses internet. Teknologi ini juga cocok untuk perusahaan dengan operasi di wilayah tersebut.

Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa perusahaan ni telah membangun hub dan memenuhi standarisasi perangkat. Uji coba layanan Starlink di Indonesia diprediksi akan dilakukan sebelum atau setelah Lebaran.(*/Brp)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *