Kejar Target Kunjungan Wisman, Kebijakan VoA Terus Diupayakan

Medianesia.id, Tanjungpinang-Pemprov Kepri terus berupaya untuk merealisasikan target 3 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Adapun upaya yang sedang dilakukan Pemprov Kepri untuk mencapai target kunjungan wisman di tahun 2024 ini adalah dengan menekan biaya Visa On Arrival (VoA) bagi wisman yang datang ke Provinsi Kepri. 

“Perihal permohonan short term visa atau Visa on Arrival (VoA) bagi wisawatan mancanegara mendapatkan dukungan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),” ujar Kepala Dispar Provinsi Kepri, Guntur Sakti, Selasa (23/1/2024) 

Menurut Guntur, dukungan tersebut ditandai dengan terbitnya terbitnya Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2023 tentang Visa dan Izin Tinggal. 

“Substansi tersebut dinyatakan pada pasal 82 ayat 2 Permenkumham Nomor 22 Tahun 2023,” jelasnya. 

Adapun relaksasinya adalah izin tinggal kunjungan bagi pemegang visa kunjungan saat kedatangan juga dapat diberikan untuk jangka waktu paling lama 7 hari sejak tanggal diberikannya tanda masuk dan tidak dapat di perpanjang. 

“Fasilitas kebijakan visa kunjungan short term visa tersebut dapat di gunakan di 8 pelabuhan laut Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI)  di Kepri,” jelasnya lagi.