Cara Mudah Menyimpan Buah di Kulkas agar Tidak Cepat Busuk

Cara Mudah Menyimpan Buah di Kulkas agar Tidak Cepat Busuk
Cara Mudah Menyimpan Buah di Kulkas agar Tidak Cepat Busuk

Medianesia.id – Buah-buahan kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita.

Oleh karenanya, seseorang disarankan untuk mengonsumi buah setiap hari. Buah juga dapat menaikkan imun tubuh dan juga membuat kita untuk selalu berpikiran positif.

Kamu dapat membeli banyak buah sekaligus dan disimpan dalam kulkas, supaya tidak repot.

Namun, menyimpan buah di kulkas juga ada triknya. Terkadang buah ada yang cepat busuk dan tidak awet jika kita belum tahu trik menyimpannya.

Berikut cara simpan buah di kulkas supaya tidak busuk dan awet sampai seminggu:

1. Cuci buah menggunakan larutan cuka Buah sebaiknya dicuci terlebih dulu sebelum disimpan. Gunakan larutan cuka dengan perbandingan 1:3 untuk air supaya buah tidak cepat busuk. Penggunaan larutan cuka dapat menurunkan tingkat pH dan meminimalisir bakteri yang menempel pada permukaan buah. 

Setelah dicuci, buah wajib dikeringkan menggunakan tisu dapur untuk kemudian disimpan dalam wadah yang sudah dialasi kertas. Baca juga: Resep Salad Buah Campur Agar-agar, Pakai Saus Avokad Saat disimpan dalam kulkas, biarkan tutup wadahnya sedikit terbuka supaya sirkulasi udara tetap lancar dan tidak lembap.

2. Potong buah terlebih dulu. Selain dapat menghemat ruang, memotong buah juga dapat membuatnya lebih awet.

Umumnya, setelah dipotong buah tertentu akan bertahan sekitar lima hari. Namun, lebih cepat dikonsumsi saat buah masih segar lebih baik ya.

Source: Kompas.com