Beras Mahal? Masih ada Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Medianesia.id – Kita tengah menghadapi kelangkaan dan kenaikan harga beras yang saat ini telah membuat sebagian banyak orang kerepotan. Menghadapi kasus ini, kita tidak perlu panik. Masih ada banyak sumber karbohidrat selain beras atau nasi yang tentunya lebih sehat dan harganya terjangkau.

Beras merupakan salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia dan merupakan sumber utama untuk memenuhi asupan karbohidrat sehari-hari.

Tak heran banyak orang yang kelimpungan ketika mengetahui kabar kelangkaan stok dan kenaikan harga beras saat ini.

Terdapat banyak makanan pengganti karbohidrat yang rasanya enak, dan tentunya stoknya melimpah di Indonesia ini.

Berikut sejumlah pilihan sumber karbohidrat selain nasi:

  • Ubi

Ubi yang masuk dalam kategori jenis umbi-umbian ini memiliki rasa yang cukup lezat. Makanan yang kaya akan sumber Vitamin dan potassium ini ternyata bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Biasanya, ubi hanya cukup dikukus saja sampai selama 30 menit, ubi akan menghasilkan rasa yang legit dan manis.

  • Kentang

Pilihan sumber kabohidrat lainnya yaitu Kentang. Makanan ini juga merupakan sumber serat yang bagus dan harganya cukup murah. Kentang bisa diolah menjadi apapun, bisa digoreng, direbus, disambel, maupun ditumbuk.

  • Singkong

Singkong merupakan umbi serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan. Singkong dapat menjadi salah satu alternatif pengganti nasi. Singkong juga mengandung banyak manfaat seperti, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengendalikan kadar gula darah.

  • Jagung

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam jagung juga cukup tinggi. Jagung mengandung serat dan berbaia protein serta vitamin yang baik untuk tubuh. Jagung juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  • Pisang

Buah pisang ternyata mengandung banyak karbohidrat. Pisang dapat menjadi salah satu makanan pengganti nasi. Pisang dapat mengatasi anemia dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Itulah kelima pilihan makanan sumber kabohidrat yang dapat menggantikan nasi, jadi kita tak perlu khawatir saat harga beras menjadi melambung tinggi. Semoga bermanfaat.