oleh

35 Pelaku IKM di Tanjungpinang Raih Peluang Pasar Lebih Luas dengan Sertifikasi Halal

Medianesia.id, Tanjungpinang – Sebanyak 35 pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) di Tanjungpinang mengikuti pelatihan Sistem Jaminan Halal di salah satu Hotel kawasan Kilometer 8 Atas, Tanjungpinang.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari 8-9 Juli 2024. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk membantu para IKM mendapatkan sertifikasi halal, yang akan membuka peluang mereka untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.

Kepala Dinas Perdangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang, Riany, menerangkan pentingnya sertifikasi halal bagi IKM untuk meningkatkan daya saing dan ekonomi mereka.

“Dengan memiliki sertifikat halal, produk IKM kita dapat dipercaya oleh konsumen, khususnya bagi konsumen Muslim. Hal ini membuka peluang pasar yang lebih luas dan meningkatkan omzet para pelaku usaha,” ujarnya menutup kegiatan pelatihan, Selasa (9/7).

Disamping ituk, ia melanjutkan, Pemko Tanjungpinang berkomitmen memberikan pendampingan dan dukungan kepada para pelaku IKM agar usahanya semakin berkembang dan berdaya saing.

“Kami akan terus memberikan pelatihan, sosialisasi, dan pendampingan kepada para IKM agar mereka dapat memenuhi standar halal dan mendapatkan sertifikat halal,” kata Riany.

Sertifikasi halal tidak hanya penting bagi konsumen Muslim, tetapi juga menunjukkan komitmen produsen terhadap kualitas dan kebersihan produk mereka.

“Konsumen saat ini semakin cerdas dan mereka lebih memilih produk yang terjamin kehalalannya. Oleh karena itu, sertifikasi halal menjadi nilai tambah bagi produk IKM,” jelas Riany.

Salah satu peserta pelatihan, Yuliatin, pemilik usaha makanan ringan, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas pelatihan ini.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Dengan sertifikat halal, kami dapat memasarkan produk kami ke supermarket dan toko-toko modern yang umumnya mensyaratkan sertifikasi halal,” kata Yuliatin.

Diharapkan dengan semakin banyaknya IKM di Tanjungpinang yang memiliki sertifikat halal, ekonomi lokal akan semakin berkembang dan produk-produk IKM Tanjungpinang dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. (Ism)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *