oleh

Ribuan Peserta Semarakkan Pawai 1 Muharram di Tanjungpinang

Medianesia.id, Tanjungpinang – Semangat ukhuwah dan dakwah Islamiyah mewarnai Pawai 1 Muharram 1446 H yang digelar di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, pada Minggu (7/7). Lebih dari 7.000 peserta, didominasi ibu-ibu anggota BKMT, berarak dengan penuh antusias dalam pawai yang meriah ini.

Dengan tema “Jadikan Momen Tahun Baru Islam sebagai Spirit Membangun Ukhuwah dan Dakwah Islamiyah”, pawai ini dimulai dari depan Gedung Gonggong dan berakhir di Pelataran Gedung Daerah Tanjungpinang.

Para peserta membawa berbagai atribut menarik, seperti bendera, tulisan asmaul husna, dan pesan-pesan moral yang mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Pawai ini tidak hanya diikuti oleh para anggota BKMT, tetapi juga drumband, organisasi wanita, perguruan tinggi, dan pelajar SMA/SMK se-Kota Tanjungpinang. Keterlibatan aktif masyarakat ini menunjukkan semangat besar mereka dalam menyambut Tahun Baru Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

Sejalan dengan semangat membangun perekonomian lokal, di Pelataran Tugu Sirih didirikan stan bazar bagi para pelaku UMKM. Masyarakat dapat menikmati berbagai produk lokal sambil menyaksikan kemeriahan pawai.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyampaikan rasa bangganya atas semangat para peserta pawai, terutama para ibu-ibu. Ia melihat hal ini sebagai bukti bahwa spirit membangun ukhuwah dan dakwah masih tertanam kuat di masyarakat Kepri.

“Alhamdulillah bangga sekali rasanya melihat semangat ibu-ibu ini. Menandakan spirit membangun ukhuwah dan dakwah masih sangat tertanam di masyarakat kita,” ujar Ansar.

Sementara itu, Ketua BKMT Kepri,Dewi Kumalasari Ansar, mengapresiasi panitia pelaksana dan para peserta atas suksesnya acara ini. Ia berharap momentum Tahun Baru Islam ini dapat membawa Kota Tanjungpinang semakin religius, aman, damai, dan sejahtera.

“Mudah-mudahan momentum tahun baru Islam tahun ini bisa menjadikan Kota Tanjungpinang semakin religius. Selain itu, tercipta masyarakat yang aman dan damai menuju Kota Tanjungpinang yang lebih sejahtera,” ucapnya.

Di Kepri, khususnya Tanjungpinang, pawai 1 Muharram sudah menjadi tradisi tahunan. Pawai ini bukan hanya sebagai perayaan Tahun Baru Islam, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan umat Islam serta menyebarkan nilai-nilai positif Islam.

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *