Ratusan Kilo Meter Jalan Provinsi Berkondisi Rusak

medianesia.id, Batam-Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Widiastadi Nugroho mengatakan berdasarkan LHP BPK Tahun 2022 lalu ada ratusan kilo meter jalan provinsi yang berkondisi rusak. 

“Kondisi jalan rusak di Kabupaten/Kota yang masih harus diperbaiki sepanjang 210.25 km,” ujar Widiastadi Nugroho, Selasa (3/9/2023) di Batam.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, kondisi jalan yang rusak tersebut tersebar di Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepri. 

“Secara persentase jalan provinsi yang berkondisi kurang baik adalah 33,83 persen. Adapun saat ini, jumlah jalan provinsi adalah sepanjang 620,76 km,” jelasnya. 

Lebih lanjut katanya, jumlah tersebut setelah dipangkas ruas jalan provinsi yang ada di Kota Batam. Karena Pemprov Kepri sudah melepas 112,35 km jalan provinsi ke BP Batam. 

“Artinya banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh Pemprov Kepri. Jumlah ini, juga termasuk jalan nasional,” ujar Widiastadi Nugroho. 

Lebih lanjut katanya, jalan kondisi baik terpanjang pada tahun 2022 lalu berada di Kabupaten Lingga sepanjang 131,66 km dan yang terpendek berada di Kabupaten Anambas dengan panjang 46,07 km.