Penetapan Caleg Terpilih DPRD Tanjungpinang dan Batam Tunggu Putusan MK

Medianesia.id, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau menyatakan penundaan penetapan perolehan kursi dan anggota DPRD terpilih di dua kabupaten/kota. Yaitu Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Penundaan dikarenakan kedua daerah tersebut masih mengikuti sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, menjelaskan sesuai ketentuan, KPU se-Indonesia secara serentak melaksanakan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan anggota DPRD terpilih pada 2 Mei 2024.

Khusus di Kepri, KPU tingkat provinsi bersama lima kabupaten/kota lainnya telah menyelesaikan pleno penetapan anggota DPRD terpilih periode 2024-2029.

“KPU Tanjungpinang dan Batam harus menunda pleno penetapan kursi dan anggota DPRD hingga proses gugatan PHPU di MK selesai. Kemungkinan selesai pada Juni 2024,” ungkapnya, kemarin.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk Kota Tanjungpinang, pengajuan gugatan oleh partai Golkar. Akibat dugaan penggelembungan suara caleg DPRD oleh salah satu partai politik peserta Pemilu 2024.