Mudik Lebaran 2024: Kemenkes Siagakan 15.705 Fasyankes

Medianesia.id, Batam – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiagakan 15.705 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di 38 provinsi untuk mengantisipasi lonjakan pemudik Lebaran 2024.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kesehatan para pemudik selama perjalanan mudik dan balik.

“Kesiapsiagaan ini merupakan bentuk komitmen Kemenkes dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun ini,” kata Azhar Jaya, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes, dalam keterangan resminya, Jumat (5/4/2024).

Fasyankes yang disiagakan terdiri dari puskesmas, rumah sakit, Public Safety Center (PSC) 119, balai kekarantinaan kesehatan, dan pos pelayanan kesehatan di sepanjang jalur mudik.

Kemenkes juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan BPJS Kesehatan untuk memastikan kelancaran rujukan dan pelayanan kesehatan bagi para pemudik.

Pemerintah memprediksi 193,6 juta orang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini, meningkat significantly dibandingkan tahun sebelumnya.

Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-2 (Senin, 8 April 2024) dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang, sedangkan puncak arus balik diprediksi pada H+3 (Minggu, 14 April 2024) dengan potensi pergerakan 41 juta orang.(*/Brp)

Editor: Brp