Medianesia.id, Batam – Malaysia optimistis dapat menarik lebih banyak turis Indonesia tahun ini dengan menyiapkan sejumlah strategi.
Pertama, Malaysia mengubah fokus destinasi wisatanya. Dari Kuala Lumpur, Johor Bahru, dan Malaka, kini Malaysia mengandalkan wisata budaya dan sejarah di Malaka, Kelantan, Perak, dan Perlis.
Kedua, Malaysia meningkatkan konektivitas dengan Indonesia. Sebanyak 628 jadwal penerbangan langsung per pekan dari Indonesia ke Malaysia telah disiapkan, dengan penerbangan tidak hanya ke Jakarta, tetapi juga ke kota-kota lain seperti Batam dan Balikpapan.
Ketiga, wisata belanja menjadi andalan utama Malaysia. Beragam pilihan produk berkualitas dengan harga menarik diyakini mampu menarik minat wisatawan Indonesia.
Strategi ini didasari oleh kesuksesan Malaysia di tahun 2023. Lebih dari 3,1 juta wisatawan Indonesia berkunjung ke Malaysia, menjadikan Indonesia sebagai penyumbang wisatawan terbesar di ASEAN.
Malaysia menargetkan 35,6 juta kunjungan wisatawan asing dengan total pendapatan RM 147,1 miliar (Rp 481,7 miliar) pada tahun 2026.
Upaya menarik turis Indonesia merupakan bagian penting dari rencana jangka panjang tersebut.(*/Brp)
Editor: Brp
Komentar