oleh

KPU Ultimatum Caleg DPRD Batam Terpilih

Medianesia.id, Batam-Komisi Pemilihan Umum atau KPU Batam memberikan ultimatum atau peringatan diri ke Caleg DPRD Batam terpilih. 

Caleg DPRD Batam terpilih diminta segera untuk untuk menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN.

“Ssai penetapan perolehan kursi dan penetapan anggota DPRD terpilih, KPU Batam langsung mengirimkan surat syarat-syarat pelantikan termasuk mengenai penyerahan laporan LHKPN,” ujar Komisioner KPU Batam, Bosar Hasibuan, Jumat (7/6/2024)

Mantan Komsioner Bawaslu Batam tersebut menegaskan, namun sampai saat ini belum ada partai politik yang menyerahkan LHKPN calon terpilihnya ke KPU Batam.

“Padahal sesuai dengan ketentuan pasal 52 ayat (2) Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 6 Tahun 2024 calon terpilih wajib menyampaikan LHKPN,” tegasnya. 

Penyerahan laporan kekayaan sendiri lanjutnya, diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan bukti laporan itu dilaporkan ke KPU Batam sebelum hari pelantikan anggota dewan terpilih yakni pada Agustus 2024. 

“LHKPN ini dilaporkan oleh setiap partai politik bukan perorangan terpilih. Karena waktu pelantikan akan semakin dekat,” jelasnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *