Kerugian Negara Kasus Korupsi Timah PT Timah Tbk Tembus Rp300 Triliun

Medianesia.id, Jakarta – Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin, mengungkapkan kerugian negara dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022 mencapai angka fantastis, yaitu Rp300 triliun.

“Angka ini merupakan hasil penghitungan terbaru setelah Kejaksaan Agung mendapatkan hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP),” ujar Burhanuddin dalam konferensi pers di Kejaksaan Agung, Kamis (29/5/2024).

Sebelumnya, Kejaksaan Agung memperkirakan kerugian negara dalam kasus ini mencapai Rp271 triliun. Namun, angka tersebut kemudian di revisi setelah BPKP menyelesaikan auditnya.

“Kasus timah ini terbilang rumit dan membutuhkan waktu lama untuk menghitung kerugian negaranya. Kami bersyukur BPKP telah menyelesaikan tugasnya dan kami dapat mengumumkan angka pasti kerugian negaranya,” jelas Burhanuddin.

Kasus korupsi tata niaga timah ini diduga melibatkan berbagai pihak. Termasuk pejabat PT Timah Tbk, pengusaha, dan oknum aparat penegak hukum. Kejaksaan Agung masih terus mendalami kasus ini dan berencana segera mengumumkan tersangka.

“Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar proses hukum kasus ini dapat berjalan dengan lancar dan adil,” pungkas Burhanuddin. (Ism)

Editor: Brp