oleh

Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Pilihan Generasi Z karena Merakyat

Medianesia.id, Batam – Survei nasional yang dilakukan oleh lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) telah merilis hasil preferensi Generasi Z dalam Pilpres 2024.

Hasilnya, pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menduduki posisi tertinggi dengan angka 41,2%, menjadikannya favorit di kalangan generasi muda.

Dalam analisisnya, Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif’an, menyebut bahwa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dianggap merakyat oleh Generasi Z. Asosiasi positif ini mungkin terkait dengan citra merakyat yang mirip dengan Presiden Jokowi yang memiliki popularitas tinggi.

Menariknya, ketika melihat elektabilitas tiga pasangan Capres Cawapres 2024, Ganjar Pranowo-Mahfud MD masih memimpin dengan urutan pertama, mencapai 34,9%.

Sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan kedua dengan 33,1%. Sedangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menduduki urutan terakhir dengan 26,1%. Persentase pemilih yang belum menentukan pilihannya (undecided voters) sebesar 5,9%.

Ali Rif’an menjelaskan bahwa Generasi Z merupakan pemilih kritis dan otonom yang mayoritas belum menikah. Faktor-faktor ini memengaruhi kritikalitas pilihan mereka dalam Pilpres 2024.

Survei ini dilakukan oleh Lembaga Arus Survei Indonesia pada tanggal 16-21 Desember 2023, melibatkan responden dari 34 provinsi dengan rentang usia 17-23 tahun. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.(*/Brp)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *