Destinasi Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah di Kota Jogja

Destinasi Wisata Kuliner yang Menggoyang Lidah di Kota Jogja
Destinasi Wisata Kuliner di Kota Jogja

Siapa yang tidak tahu bahwa Jogja adalah pusatnya kebudayaan dan wisata yang terletak di Pulau Jawa. Tak lengkap rasanya kalau kita berkunjung ke Jogja tanpa menjajal kuliner disana yang beragam macamnya.


Jogja memiliki beragam macam pilihan makanan enak-enak, dari yang berada di pinggir jalan maupun di restoran besar. Suasana kota Jogja membuat kita selalu rindu ingin kembali lagi. ini dia rekomendasi tempat-tempat destinasi kuliner yang wajib dikunjungi saat kita berlibur ke Jogja.

Tugu yang menjadi Lambang Kota Yogyakarta (Photo by: Detik)

Yuk kita simak yang akan dibahas dibawah ini:

  1. KOPI KLOTHOK KALIURANG

Menu di Kopi Klothok Kaliurang (Photo by: Tempo)

Setibanya di ruangan di dalam Warung Kopi Klothok, kita akan langsung melihat ada sebuah meja besar yang diatasnya terdapat beragam macam lauk, ada sayur dan juga ayam goreng, ikan goreng dan telur goreng. Yang menjadi ikon Warung Kopi Klothok ini adalah sayur lodeh dan telur dadar krispinya. Di sisi kanan terdapat meja panjang dengan beragam lauk. Semua merupakan masakan rumahan khas Jawa Tengah. Pengunjung bisa langsung memilih dua macam nasi yang disajikan yaitu Nasi Putih atau Sego Megono. Sego Megono terdiri atas nasi yang diatasnya diberikan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa beserta bumbu-bumbu lainnya

Baca Juga  Resep Ikan Tongkol Tauco, Dijamin Nagih!

Setelah mengambil makan ala prasmanan, pengunjung dapat langsung memilih tempat duduk. Bisa duduk di dalam rumah joglo, di serambi belakang, atau di luar, yaitu lesehan di tepi sawah menggunakan tikar. Orang-orang biasanya berebut tempat di serambi belakang. Sebab, spot tersebut paling strategis, dan juga dapat melihat pemandangan hamparan sawah yang indah.

Lokasi: Jalan Kaliurang km 16, Pakem, Yogyakarta,
Jam Operasional: 07.00 – 22.00

Source: Tempo

2. GUDEG YU DJUM PUSAT KALIURANG

Gudeg Yu Djum Jogja (Photo by: Gudeg Yu Djum)

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda (dibaca: Gori) yang dimasak dengan santan hingga berjam-jam. Gudeg Yu Djum Pusat merupakan dapur utama sekaligus warung makan kuliner tradisional Yogyakarta, dirintis oleh seorang yang pantang menyerah bernama Djuwariyah atau lebih dikenal sebagai “Yu Djum”, sejak tahun 1951.

Baca Juga  Kue Sus isi Cokelat Anti Bad Mood

Lokasi :Karangasem, Mbarek CT III/22, Jl. Kaliurang Km. 4,5 Yogyakarta
Jam Operasional: 05:00 – 19:00 WIB

Source: Gudegyudjumpusat.com

3. TENGKLENG GAJAH

Tengkleng Gajah (Photo by: inibaru)

Salah satu kuliner andalan yang bisa ditemui di Jogja adalah Tengkleng Gajah. Menu olahan daging kambing tapi serasa daging gajah ini (saking besarnya) wajib kamu coba kalau datang ke Jogja!

Lokasi : Jl. Kaliurang, Jl. Gantalan No.Km.9,3, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582
Jam Operasional: 09:00 – 21:00 WIB

Source: Hipwee

4. Bakmi Jowo Pak Pele

Bakmi Godhog Pak Pele

Beragam menu yang ditawarkan di Bakmi Jawa Pak Pele ini yaitu seperti bakmi goreng, bakmi ‘godog’ (rebus), bakmi nyemek (kuahnya lebih sedikit dari bakmi rebus), nasi goreng, dan magelangan (nasi goreng yang dicampur bakmi).
Sama seperti kebanyakan bakmi jawa, terdapat dua jenis bakmi yang tersedia yakni bakmi kuning dan bihun. Untuk menu bakmi, baik godhog maupun goreng, bakmi dimasak bersama dengan potongan daging ayam kampung, telur, irisan kol. Rasa gurih dari kaldu ayam asli yang digunakan dalam proses pemasakan diatas anglo menjadikan cita rasa bakmi Pak Pele semakin nikmat.

Baca Juga  Kue Sus isi Cokelat Anti Bad Mood

Lokasi: Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta
Jam Operasional: 17.30 – Habis