Berkas Dugaan Korupsi di Dishub Batam Dilimpahkan ke PN Tipikor Tanjungpinang

Medianesia.id, Batam – Pasca-menjalani pemeriksaan secara ‘marathon’, akhirnya tim Penuntut Umum di Kejaksaan Negeri Batam melimpahkan perkara dugaan tindak pidana korupsi di Dinas Perhubungan Kota Batam dengan tersangka berinisial H.

Sebagaimana diketahui, inisial H ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengurusan rekomendasi penentuan sifat dan jenis kendaraan di Dinas Perhubungan Bota Batam tahun 2018, 2019 dan 2010.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Batam Hendarsyah Yusuf Permana yang dikonfirmasi awak media pada Selasa (30/3/2021) pagi, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Benar mas, tim telah merampungkan dan melimpahkan perkara dugaan tindak pidana korupsi pengurusan rekomendasi penentuan di Dishub Batam dengan tersangka H ini ke Pengadilan Tipikor Tanjungpinang,” Jelasnya.

Baca Juga  Ajakan Menparekraf Sandiaga Uno untuk Kembali Nonton ke Bioskop

Sebelumnya, terdakwa H didakwa melanggar pasal 12 huruf e atau Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 UU No 31 tahun 1999, sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

Sebagaimana diketahui, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendi dimintai keterangan oleh Kejaksaan Negeri Batam, Selasa (2/3/2021).

Kejari Batam menyebutkan, sudah ada sekitar 20 lebih saksi yang diperiksa secara maraton.

Baik itu dari lingkungan Dishub Batam maupun beberapa pihak lainnya. Dugaan korupsi Dishub ini juga melibatkan lebih dari empat perusahaan.