oleh

Akau Potong Lembu, Wisata Kuliner Malam di Tanjungpinang

Medianesia.id, Tanjungpinang – Ada wisata kuliner malam di Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang bernama Akau Potong Lembu. Yuk ketahui asal usulnya.

Mungkin ada beberapa versi asal usul nama Akau. Namun kali ini kami akan membahas dari versi pedagang generasi kedua di Akau Potong Lembu yang legendaris itu.

Akau sesungguhnya bukanlah nama pahlawan, jalan atau tempat bersejarah di Tanjungpinang. Akau adalah nama seseorang.

Wisata kuliner malam ini awalnya tidak mempunyai nama. Sedangkan nama Akau tersebut mengambil nama salah seorang pedagang kopi kaki lima.

Nama Akau sendiri mengambil nama seorang pedagang kopi bernama Ajang. Ia berdagang sejak tahun 1959 di Jalan Merdeka Tanjungpinang.

Saat itu, orang-orang yang akrab dan mengenalnya, menyapa mendiang Ajang si penjual kopi dengan nama Tionghoanya yaitu Akau.

Sejak saat itu, nama panggilan Ajang yakni Akau, menjadi masyhur dan terkenal di seantero Tanjungpinang dan sekitarnya.

Sehingga sejak saat itu, nama Akau sangat akrab dan populer di telinga masyarakat pencinta kuliner di Tanjungpinang jika ingin pergi minum kopi.

Pada 1959 di Jalan Merdeka, selain gerobak kopi Akau, terdapat empat gerobak pedagang lainnya yang berjualan makanan dari sore hingga malam hari.

Namun seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun, pengunjung semakin ramai, pedagang di Jalan Merdeka juga bertambah dan berkembang.

Rata-rata yang berjualan berbagai kuliner adalah masyarakat Tionghoa yang berdomisili di Jalan Merdeka Jalan Gambir Tanjungpinang.

Karena semakin banyaknya pedagang, sekitar tahun 1969, pemerintah saat itu memindahkan pedagang ke Jalan Pos Tanjungpinang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *