Warga Terdampak Banjir Rob Dibantu Suplai Air Bersih

Medianesia.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang menyuplai air bersih, untuk warga terdampak banjir rob pada Kamis (26/1). Bantuan air bersih tersebut didasari keluhan warga, karena dampak banjir rob menyebabkan air bersih di permukiman tercampur air laut.

Petugas BPBD Tanjungpinang, James Matakena, menyampaikan pihaknya telah menyuplai air bersih sebanyak 10 ton air. Masing-masing kepada warga Kelurahan Seijang sebanyak 5 ton dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti sebanyak 5 ton.

“Warga kesusahan untuk mendapatkan air bersih. Jadi RT laporkan ke BPBD, lalu atas perintah kepala kita salurkan. Ini kita salurkan hanya untuk warga yang betul-betul membutuhkan saja,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Jumiar menyampaikan warganya saat ini memang sangat membutuhkan air bersih.

Sebab, air bersih warganya bercampur dengan air laut banjir rob tersebut. Bahkan, hal itu diperparah dengan matinya penyaluran air bersih dari PDAM.

“Kebetulan air pam juga mati, yang jelas warga sangat membutuhkan air bersih untuk membersihkan rumah mereka, yang terkena banjir,” kata Jumiar.

Di wilayahnya, kata Jumiar ada 22 rumah atau Kartu Keluarga yang terdampak banjir rob, pada Rabu Kemarin. Ketinggian banjir, mencapai kurang lebih selutut orang dewasa.

“Semalam parah. Tahun lalu banjir juga, tapi tidak seperti yang sekarang,” tukasnya.

(ISM*)