oleh

Stok Hewan Kurban di Tanjungpinang Surplus

Medianesia.id, Tanjungpinang – Stok hewan kurban untuk Idul Adha 1445 Hijriah di wilayah Kota Tanjungpinang surplus.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Robert Lukman, mengatakan saat ini terdapat 1.621 ekor hewan kurban yang tersedia. Terdiri dari, 729 ekor sapi dan 892 ekor kambing.

Jumlah tersebut jauh melebihi prediksi kebutuhan hewan kurban yang di perkirakan sekitar 1.100 ekor. Hal ini berarti, Tanjungpinang mengalami surplus hewan kurban sebanyak 500 ekor lebih.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pasokan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini. Stok di kandang peternak sudah dihitung lebih dari cukup,” ujar Robert.

Lebih lanjut ia menerangkan, DP3 Tanjungpinang juga bertanggung jawab untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

Melalui bidang peternakan, kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner, DP3 juga telah membentuk tiga tim untuk melakukan pengecekan terhadap hewan kurban di kandang-kandang peternak.

Pengecekan ini bertujuan untuk memberikan sertifikat atau label SL (sehat dan layak) kepada hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat.

“Sehat artinya bebas penyakit. Layak artinya tidak cacat, misalnya tidak pincang,” jelas Robert.

Hingga saat ini, pihaknya sudah memeriksa sekitar 800 ekor hewan kurban dan mendapatkan label sertifikat SL. Robert menargetkan, seluruh hewan kurban di Tanjungpinang akan di cek kesehatan dan kelayakannya sebelum Idul Adha 2024. (Ism)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *