Peringatan Hardiknas di Kepri, Gubernur Serukan Semangat “Merdeka Belajar”

Medianesia.id, Batam – Ribuan peserta didik, tenaga pendidik, dan tokoh pendidikan di Kepulauan Riau berkumpul di Lapangan Cipta Grand City Sagulung, Kota Batam, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, sebagai pemimpin upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim.

Dalam amanatnya, Ansar mengajak seluruh insan pendidikan untuk terus melompat membawa Indonesia ke masa depan yang lebih baik dengan profil pembelajaran Merdeka Belajar.

Ia juga menambahkan, lima tahun terakhir merupakan masa yang mengesankan dalam perjalanan Kemendikbudristek. Dengan gerakan Merdeka Belajar yang menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

“Meskipun transformasi sistem pendidikan dan perubahan perspektif tentang proses pembelajaran tidaklah mudah. Semangat Merdeka Belajar terus berkobar, bahkan di tengah pandemi yang mengubah cara belajar mengajar dan hidup secara drastis,” terangnya.

Menurut Ansar, pandemi justru menjadi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan gotong royong, Indonesia berhasil bangkit dan melangkah maju.