oleh

Gubernur Minta Pusat Tidak Kurangi DBH Untuk Kepri

Medianesia.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, meminta pemerintah pusat tidak memotong Dana Bagi Hasil (DBH) kepada Pemprov Kepri di 2024 mendatang.

Seperti, yang terjadi pada 2023 ini dimana Pemerintah menurun DBH kepada Provinsi Kepri sebagai dampak penerimaan pendapatan negara yang menurun akibat pandemi COVID-19.

“Kami juga meminta agar regulasi yang digunakan dalam penyaluran Dana Perimbangan jelas dan transparan, sehingga bisa memberikan kepastian hukum bagi pemerintah daerah,” ujarnya saat bertemu Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan di Gedung Radius Prawiro Jakarta, kemarin.

Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah pusat dalma menentukan besaran insentif fiskal kepada daerah dengan mempertimbangan karakteristik dan kebutuhan masing-masing daerah.

Sebab, Provinsi Kepri yang wilayahnya sebagian besar kepulauan memiliki tantangan yang berbeda dengan daerah lain.

“Ada lebih dari 300 pulau yang berpenghuni, yang membutuhkan pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan, puskesmas, sekolah, dan lain-lain. Kami juga ingin melindungi masyarakat yang ada di pulau-pulau kecil, sehingga tidak ada ketimpangan antara wilayah,” tutur Ansar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *