oleh

Gubernur Ansar Ahmad Serahkan Bantuan dan Dorong Petani Cabai untuk Tekan Inflasi

Medianesia.id, Karimun – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, turun langsung memberikan bantuan kepada petani cabai di Kampung Sidodadi, Kecamatan Moro Kelurahan Moro Timur, Kabupaten Karimun, pada Rabu (20/12/2023).

Bantuan berupa 1 unit alat potong rumput, 2 unit mesin Robin, dan 100 liter pupuk organik cair diserahkan untuk mendukung produktivitas para petani.

Ansar mengungkapkan bahwa cabai memiliki peran besar terhadap inflasi, baik di tingkat daerah maupun nasional. Dalam upaya menekan laju inflasi, Ansar menyatakan dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kepri terhadap para petani cabai agar terus eksis dan berkembang.

“Bersama Bank Indonesia sejak tahun lalu, kita telah mendorong gerakan menanam cabai. Ini bagian dari usaha kita menekan laju inflasi. Tahun lalu, kita sudah sediakan lahan seluas sekitar 50 hektar untuk menanam cabai, dan tahun 2024 akan kita tambah sekitar 40 hingga 45 hektar lagi. Jika gerakan menanam cabai ini berhasil, kita bisa mengurangi impor cabai dari daerah lain, bahkan memasok ke daerah lain,” kata Ansar saat melakukan panen cabai di Moro, Karimun.

Selain itu, Ansar mengajak untuk menjaga keberadaan kebun cabai yang sudah produktif agar tetap stabil hasil dan kualitas panennya.

Dukungan tidak hanya diberikan pada petani cabai tetapi juga pada komoditas lain yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kita mendukung masyarakat petani, bukan hanya pada sektor cabai, tetapi juga pada sejumlah komoditas lain yang dibutuhkan oleh masyarakat. Pemerintah Provinsi Kepri juga telah menyiapkan coolstorage di Tanjungpinang sebagai bantuan dari pemerintah pusat. Ini bertujuan untuk menyimpan hasil tani hingga 3 bulan setelah panen dan tetap menjaga kesegaran. Ini juga langkah kita dalam menjaga kualitas dan stabilisasi harga pasar,” terang Ansar.(*/Brp)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *