Daya Ingat Semakin Menurun, Coba Terapkan Latihan Ini

Medianesia.id – Daya ingat semakin menurun dan melemah bagi beberapa orang, khususnya yang tengah menginjak usia 30 tahun. Hal ini akan terjadi dari tahun ke tahun setelahnya. Maka ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan ketajaman otak dan meminimalisir dampak penurunan daya ingat yang dikutip dari Prevention.

Pertama, dengan mengurangi ketergantungan terhadap internet. Biasakan untuk mengingatnya secara manual dengan otak. Hal ini penting karena saat ini semakin banyak orang yang tidak ingin repot menghapal.

Padahal, kebiasaan untuk menghapal hal kecil penting untuk menajamkan otak. Upaya ini secara otomatis mengaktifkan hippocampus dan prefrontal cortex, area yang menyimpan ingatan.

Kedua, bisa dengan mengoptimalkan tidur siang. Aktivitas ini dinilai bisa membantu menajamkan kembali ketajaman otak karena membantu mengubah memori jangka pendek menjadi jangka panjang.

Baca Juga  Ampuh! Ini dia Rahasia Sehat Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa

Profesor Psikologi dari University of California, Sara Mednick, melibatkan sekitar 81 orang yang diminta menKetiga, yaitu dengan melakukan olahraga rutin. Aktivitas ini memancing tubuh memproduksi protein tertentu berguna untuk ‘menyuburkan otak’ memancing neuron untuk melahirkan cabang-cabang baru sehingga mereka bisa bekerja makin maksimal.

Keempat, bisa dengan konsumsi yang mengandung nutrisi yang baik untuk otak. Cara ini melatih memori dan membuat tambah fokus.

Buah beri dan bit merah menjadi sumber makanan yang kaya antioksidan yang bisa menangkap radikal bebas di otak dan kemudian mengeluarkannya. Mengingat, radikal bebas membuat kerja otak makin lambat.yelesaikan sebuah soal di pagi hari. 60 orang diantaranya diminta tidur siang selama 90 menit, dan yang lain diminta menonton video. (*)