Banyak Politikus Curi Star, Bawaslu Kepri Minta Semua Pihak Sportif

Medianesia.id – Tahapan pencalonan legislatif dan kepala daerah masih belum dimulai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun sudah banyak curi star.

Kondisi ini menjadi sorotan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepri, karena tindakan tersebut dinilai tidak profesional.

“Tahapan pencalonan kepala daerah maupun legislatif masih belum di mulai. Sebaiknya jangan ada yang mendklirkan diri untuk menjadi caleg maupun cakada,” ujar Komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Indrawan Susilo, Rabu (1/2/2023)

Ia mengharapkan, semua figur yang akan maju sebagai calon kepala daerah maupun caleg untuk mengedepan etika berpolitik.

“Apalagi kampanye terselubung seperti diselimuti dalam kegiatan-kegiatan formal pemerintahan. Tentu ini sudah sangat tidak etis,” jelasnya.

Lebih lanjut katanya, karena masih belum masuk dalam tahapan Pilkada, pihaknya juga belum bisa bertindak dengan adanya figur-figur politik yang curi star.

Ditegaskannya, kondisi ini bisa berdampak pada kinerja di lingkungan pemerintahan. Menurutnya, ketika bakal calon petahana mendeklirkan diri maju kembali, sudah pasti akan berdampak pada kinerja di internal instansi tersebut.

“Maka kami harapkan, etika politik harus sama-sama kita jaga,” tutupnya.*