oleh

Angka Kematian Ibu saat Melahirkan di Kepri Meningkat

Medianesia.id, Tanjungpinang – Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan di Provinsi Kepulauan Riau mengalami peningkatan.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, pada tahun 2022 AKI di Provinsi Kepri sebesar 83 per 100.000 kelahiran hidup, meningkat menjadi 98 per 100.000 kelahiran hidup pada 2023.

Kepala Dinkes Kepri, Mohammad Bisri mengungkapkan rata-rata penyebab terjadinya kasus kematian ibu saat melahirkan di wilayahnya, karena faktor kurangnya kesadaran untuk memeriksakan kandungan sebelum persalinan.

Menurutnya, pemeriksaan kandungan bagi ibu secara rutin sangat penting. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kesehatan ibu dan bayi serta mengidentifikasi risiko persalinan.

“Kebanyakan kasus, tidak periksa kandungan secara rutin. Sehingga, terlambat mengidentifikasi risiko persalinan,” ungkapnya, Senin (3/6).

Selain itu, lanjut Bisri, persoalan akses juga menjadi penyebab terjadinya kasus kematian ibu saat melahirkan. Sehingga, banyak kasus terjadi di pulau terpencil yang aksesnya jauh dan minim fasilitas kesehatan.

“Banyak kasus di pulau-pulau itu sudah darurat baru di angkut pakai kapal, hingga meninggal di perjalanan,” sebutnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi angka kematian ibu lebih tinggi Pemprov Kepri bekerjasama dengan kabupaten/kota gencar melakukan penguatan di Puskesmas. Hal itu bertujuan, agar Puskesmas di daerah bisa mengidentifikasi risiko persalinan lebih dini.

Selain itu, mendorong rumah sakit di daeragh menyediakan spesialis kandungan. Sehingga, jika terjadi kasus risiko persalinan tinggi bisa segera melakukan tindakan dengan cepat.

“Seperti, di Rumah Sakit Anambas sudah bisa operasi melahirkan. Jadi, tidak jauh-jauh lagi di bawa kesini,” ujarnya. (Ism)

Editor: Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *