oleh

646 Penyandang Disabilitas di Bintan Akan Dapat Bantuan Sembako dan Peralatan

Medianesia.id, Bintan – Sebanyak 646 penyandang disabilitas di Kabupaten Bintan akan mendapatkan berbagai bantuan dari pemerintah. Bantuan yang akan diberikan berupa sembako dan peralatan yang dibutuhkan penyandang disabilitas tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bintan, Syamsul, mengatakan bedasarkan data terakhir ada 646 warga yang disabilitas di Kabupaten Bintan. Usia mereka beragam, mulai dari anak-anak, dewasa dan lansia.

“Mereka semua yang telah terdata. Jumlah ini bisa saja berubah karena kami masih membuka laporan terkait keberadaan disabilitas,” ujarnya, kemarin.

Adapun disabilitas yang masuk ke data Dinsos meliputi tuna daksa atau cacat fisik sebanyak 258 orang, tuna wicara ada 46 orang, tuna rungu ada 47 orang, tuna grahita ada 217 orang, dan tuna netra ada 39 orang.

Berikutnya, tuna rungu dan tuna wicara ada 17 orang, disabilitas mental ada 18 orang dan tanpa keterangan ada 4 orang.

“Mereka semua tersebar di 10 kecamatan,” katanya.

Untuk bantuan yang diterima mereka setiap tahunnya terdiri dari kursi roda, tongkat, walker untuk orang struk dan sembako. Itu semua berasal dari APBD Bintan.

Kemudian mereka juga akan mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Bantuannya berupa alat bantu, sembako, dan bantuan usaha yang dibutuhkan oleh masing-masing disabilitas.

“Tahun lalu kita dapat bantuan 500-an kursi roda. Dan kita sudah ajukan kembali agar disabilitas di Bintan kembali dapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Penulis : Ism

Editor : Brp

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *