Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami

Medianesia.id, Kesehatan – Memasuki era new normal diharapkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar bisa memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Selain itu, kita juga harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga teratur, dan menjaga kebersihan.

Salah satu caranya adalah mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Karena tangan kita banyak menyentuh benda yang tidak diketahui kebersihannya.

Sekarang, pembersih tangan antiseptik juga sulit didapatkan. Untuk itu, simak cara membuat hand sanitizer alami berikut ini!

1. Hand Sanitizer Alami dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial

1. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial
Sumber Gambar: Pixabay

Ini adalah cara termudah yang bisa kamu ikuti di rumah, Toppers. Kamu bisa langsung mencampurkan kandungan lidah buaya ke dalam alkohol dan langsung menggunakannya.

Baca Juga  Kapolres Bintan: Vaksinasi Covid-19 Aman dan Halal, Jangan Takut untuk Divaksin

Pastikan kandungan alkohol yang kamu gunakan lebih dari 60% agar efektif membunuh kuman di tangan. Kandungan lidah buaya berguna agar kulit kamu tidak kering.

Tambahkan minyak esensial lavender sedikit atau sesuai selera agar hand sanitizer lebih wangi.

2. Hand Sanitizer Alami dengan Cuka Putih

2. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Cuka Putih
Sumber Gambar: Pixabay

Biasanya cuka putih digunakan untuk tambahan penyedap rasa. Tetapi, ternyata cuka putih dapat digunakan sebagai bahan hand sanitizer alami.

Saat kulit luka dan tidak ada alkohol untuk membersihkan, cuka putih bisa digunakan karena memiliki konsentrasi asam yang cukup tinggi. Sehingga dapat mengatasi masalah kulit seperti infeksi dari kuman dan bakteri.

Untuk membuat hand sanitizer, siapkan botol spray ukuran sedang. Campurkan cuka dengan sedikit air lalu simpan di dalam kulkas untuk menjaga kualitasnya.

Baca Juga  Kasus Menurun, Gubernur Kepri Ingatkan Warga Tidak Lengah terhadap Covid-19

3. Hand Sanitizer Alami dengan Lemon

3. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Lemon
Sumber gambar: Pixabay

Bahan dengan kandungan asam yang cukup tinggi lainnya adalah lemon. Cara membuat hand sanitizer alami dari lemon adalah campurkan air perasan lemon dengan sedikit air ke dalam botol spray ukuran sedang.

Tidak hanya sebagai hand sanitizer yang dapat membunuh kuman, lemon juga bisa membuat kulit menjadi lebih cerah.

4. Hand Sanitizer Alami dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

4. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Cara membuat hand sanitizer alami ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan daun sirih dan kulit rambutan yang kemudian direbus masing-masing untuk mendapatkan ekstraknya.

Daun sirih bersifat sebagai antiseptik dan kulit rambutan bersifat sebagai antioksidan. Kulit rambutan juga bisa diganti dengan kulit manggis karena memiliki khasiat yang sama.

Baca Juga  Sosialisasikan PP 41/2021, Kemenko Gelar Transformasi BBK Indonesia Hebat

Setelah itu, campurkan keduanya ke dalam botol spray sesuai selera dengan perbandingan sama rata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap terasa lembut.

5. Hand Sanitizer Alami dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya

5. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya
Sumber Gambar: Pixabay

Selanjutnya, untuk membuat hand sanitizer alami di rumah, kamu memerlukan daun kemangi dan lidah buaya. Daun kemangi bersifat sebagai antiseptik dan lidah buaya bersifat antioksidan.

Kupas lidah buaya haluskan bersama daun kemangi menggunakan blender. Saring bahan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya.

Larutkan daun jeruk bubuk ke dalam sedikit air sebagai pewangi lalu campurkan ke ekstrak daun kemangi dan lidah buaya. Masukkan hand sanitizer ke dalam botol spray ukuran sedang. Hand sanitizer pun siap digunakan.